Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Orang yang Memiliki Empati

Posted on 1 February 2019, 04:37 AM
Trik Agar Si Kecil Tumbuh Jadi Orang yang Memiliki Empati

Dalam bukunya yang berjudul Daddy Makes Thee: The Fathers Impact on Mother and Young Child, Clarke Stewart menyebut jika kebanyakan orangtua kerap salah dalam memberi pendidikan rasa empati pada anaknya. Mereka hanya menjabarkan rasa empati sebagai bentuk kepedulian saja.

Padahal, empati mencakup perasaan yang sangat luas. Contohnya saat Si Kecil menangis, kebanyakan orangtua akan langsung meminta anaknya segera diam. Padahal sikap ini keliru karena tidak menunjukkan rasa empati terhadap perasaan anak.

Harusnya, orangtua tidak perlu buru-buru menyuruh Si Kecil berhenti menangis, cukup peluk Si Kecil, tanyakan bagaimana perasaannya dan tanya alasan dia menangis. Dengan bertanya seperti ini, secara tidak langsung Smart Mom sudah menunjukkan caranya berempati.

Selain dengan fokus kepada perasaan dan penyebab, ada beberapa hal lainnya yang bisa Smart Mom lakukan untuk menjadikan mereka tumbuh jadi anak yang memiliki empati pada orang lain.

Ajak Bertemu Anak yang Tidak Beruntung

Sesekali cobalah mengajak Si Kecil untuk bertemu dengan anak-anak yang kurang beruntung, misalnya berkunjung ke panti asuhan, berkeliling kota sambil melihat aktivitas anak-anak yang sedang mencari nafkah, dan lainnya. Setelah itu, tanyakan bagaimana perasaannya jika Si Kecil berada di posisi mereka.

Cara ini menunjukkan jika Smart Mom sedang berupaya untuk mengajak Si Kecil berpikir tentang nasib seseorang dan jalan kehidupan, sekaligus mengajarkan arti bersyukur.

Biasakan Mereka Berbagi

Setelah mereka melihat sendiri bagaimana anak-anak yang kurang beruntung berjuang hidup, Smart Mom bisa mengajak Si Kecil untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Caranya, minta Si Kecil untuk mengumpulkan pakaian bekas yang masih layak pakai, dan barang lainnya. Dengan tangannya sendiri, biarkan Si Kecil memberikan bantuan tersebut. Dorong Si Kecil untuk berkomunikasi, dan minta dia untuk memeluk anak-anak tersebut sebagai bukti dukungan moral.

Selalu Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih merupakan tanda kita menghargai apa yang orang lain lakukan untuk kita. Saat Si Kecil dibantu ketika menyeberang jalan, diberi tumpangan oleh orangtua temannya saat pulang sekolah, dan lainnya, pastikan dia selalu mengucapkan terima kasih.

Dengan cara sederhana ini, Si Kecil akan tumbuh jadi anak yang penuh empati, menghargai jerih payah orang lain, dan tidak pernah pilih-pilih dalam berteman. Selamat mencoba!

Prev Post

Smart Mom, Yuk Biasakan Si Kecil Ucapkan Terima Kasih

Next Post

4 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Anak Mogok Sekolah Lho!

SHARE TO