Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Mengajarkan Budaya Antri Pada Si Kecil

Posted on 2 April 2019, 06:21 AM
Trik Mengajarkan Budaya Antri Pada Si Kecil

Budaya antri merupakan kebiasaan positif yang harus ditanamkan sejak dini. Ada banyak manfaat positif yang bisa Si Kecil pelajari dari budaya antri ini, diantaranya adalah, membiasakan diri untuk menghargai orang lain, menjaga kedisiplinan, dan terbiasa sabar untuk menunggu giliran.

Bagaimana cara mengajarkan budaya antri pada Si Kecil? Ternyata triknya cukup mudah kok Smart Mom, berikut merupakan trik mengajarkan budaya antri pada Si Kecil.

Jelaskan Makna Antri

Jelaskan apa makna antri dan apa saja manfaatnya. Jangan lupa, pastikan Smart Mom menjelaskan hal ini dalam bahasa yang mudah dipahami. Misal, Nak, mengantri itu artinya menunggu giliran sesuai dengan nomor urut atau urutan sesuai kedatangan.

Jangan lupa, jelaskan juga kenapa dia harus antri. Misalnya, antri itu harus dilakukan agar semuanya tertib dan rapi.

Biasakan Main Bergiliran

Saat sedang bermain bersama teman-temannya, berikan mereka mainan dalam jumlah yang terbatas. Buatlah aturan jika mereka hanya boleh memainkan mainan tersebut selama 10 menit, kemudian mainan tersebut harus diberikan kepada anak lainnya.

Trik lainnya, Smart Mom bisa mengajarkan Si Kecil mengantri saat bermain perosotan di taman bermain, mengantri menunggu giliran bermain ayunan dan lainnya.

Ajarkan Inti Budaya Antri

Inti dari budaya antri adalah, disiplin, menghargai orang lain dan sabar. Semua itu harus Smart Mom ajarkan kepada Si Kecil. Misal, disiplin bisa dipupuk dengan aturan yang ada di rumah, menghargai orang bisa dimulai dari 3 kata sakti, yakni maaf, terima kasih dan permisi.

Sedangkan untuk kesabaran, Smart Mom bisa mengajarkannya dengan cara tidak langsung memenuhi keinginan Si Kecil. Misal, saat Si Kecil ingin mainan baru, biasakan dia untuk menabung. Caranya, Smart Mom bisa memberikan sejumlah uang setiap hari untuk dia simpan.

Berikan Contoh

Tentu Smart Mom sudah tahu jika anak merupakan bayangan dari orangtua. Makna bayangan ini bukan hanya mereka akan selalu mengikuti langkah Smart Mom, tapi mereka pun akan meniru kebiasaan-kebiasaan Smart Mom, baik saat berada di lingkungan pribadi (rumah), atau saat berada di lingkungan sosial.

Makanya, dalam setiap kesempatan, beri Si Kecil contoh bagaimana cara mengantri. Misalnya, saat mengantri untuk mendapatkan tiket tranportasi umum, mengantri di supermarket, dan lainnya. Selamat mencoba Smart Mom!

Prev Post

Tips Berteman dengan Orang Tua Murid Lainnya di Sekolah

Next Post

Memahami Si Kecil Yang Gemar Boyband dan Girlband K-Pop

SHARE TO