Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Yuk Ajarkan Etika Bertamu Biar Si Kecil Siap Saat Lebaran Nanti

Posted on 11 June 2019, 02:53 PM
Yuk Ajarkan Etika Bertamu Biar Si Kecil Siap Saat Lebaran Nanti

Lebaran biasanya diisi dengan kegiatan saling berkunjung ke rumah sanak saudara, tetangga dan kerabat terdekat. Tentu bukan hanya orangtua yang akan turut serta dalam kegiatan ini, Si Kecil pun dipastikan akan ikut menemani dan terlibat langsung di dalamnya.

Nah agar Si Kecil tidak berulah dan bertingkah kurang baik, sebaiknya ajarkan dulu etika bertamu sejak dari sekarang agar saat lebaran nanti dia sudah siap menjadi anak yang baik.

Ajarkan Salam dan Sapa

Biasakan Si Kecil untuk mengucapkan salam ketika masuk ke rumah, dan menyapa orang lain saat bertemu. Mengajarkan salam dan sapa ini sangat penting karena bagian utama dari norma kesopanan, dan pendidikan komunikasi sejak dini.

Jangan lupa, ajarkan juga Si Kecil berpamitan saat mereka akan pulang. Biasakan mereka untuk sungkem terlebih dahulu, baru ucapkan salam perpisahan.

Duduk Manis di Ruang Tamu

Jelaskan jika setiap rumah punya aturan masing-masing, dan di dalamnya terdapat banyak ruangan yang tidak boleh dimasuki oleh orang luar, termasuk Si Kecil.

Selain itu, minta Si Kecil untuk masuk ke rumah setelah dipersilahkan, dan duduk dengan tenang. Jangan menjelajah ke ruangan lain jika tidak diajak atau diminta. Jika ingin mencicipi hidangan di meja, ajarkan dia untuk meminta izin.

Beritahu Ekspektasi Smart Mom

Sebelum berangkat, beritahu apa yang Smart Mom inginkan dari Si Kecil. Misalnya, meminta dia untuk jadi anak manis dan duduk dengan tenang, tidak melakukan sesuatu tanpa seizin Smart Mom, tidak tantrum dan selalu bersikap manis.

Seluruh ekspektasi ini harus diutarakan sebelum berangkat, dan katakan jika Smart Mom akan sangat bangga jika Si Kecil bisa mengikuti seluruh instruksi yang diberikan.

Ajarkan Table Manners

Jangan lupa untuk mengajarkan table manners pada si Kecil sedini mungkin. Hal ini disebabkan karena dalam setiap acara besar, seperti Lebaran, acara makan-makan merupakan hal yang wajib dilakukan. Minimalnya, mencicipi sedikit masakan tuan rumah.

Agar Si Kecil benar-benar siap, pastikan Smart Mom sudah mengajarkan table manners kepada Si Kecil sejak usia 15 bulan. Mengajarkan table manners dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana lho, seperti mengajak makan bersama di meja makan dan membiasakan Si Kecil untuk selalu menghabiskan makanannya.

Prev Post

Mau Mukena Satin Tetap Cantik? Ikuti Tips Ini!

Next Post

Trik Bijak Kelola Angpao Lebaran Yang Diterima Si Kecil

SHARE TO