Mentari Abinaya 24 hari lalu
share
Hal yang Dapat Dilakukan Orangtua dalam Mendisiplinkan Anak

Lakukan Kegiatan Rutinitas

Memberikan kegiatan rutin kepada si kecil bisa menjadi cara paling mudah untuk mengajarkannya lebih disiplin terhadap waktu. Setiap pagi, bangunkan si kecil pada jam yang sama setiap harinya. Kemudian ajak si kecil untuk makan dan mandi sebelum memulai aktivitasnya yang lain. Rutinitas ini akan semakin baik apabila dibuat tertulis atau dapat dilihat oleh anak, sehingga anak menjadi disiplin karena terbiasa dengan rutinitas yang dijalani dan juga melihat dari jadwal tertulis yang sudah dibuat bersama dengan orang tua. Dengan cara ini, si kecil akan terbiasa untuk melakukan kegiatan dengan rutin dan disiplin. Cara ini juga bisa mengajarkan si kecil lebih bertanggungjawab untuk melakukan aktivitasnya sesuai dengan waktu yang ditentukan.



Jelaskan Sesuatu dengan Spesifik

Saat anak masih terlalu kecil, akan sulit baginya untuk memahami tentang sesuatu yang bersifat abstrak. Si kecil akan lebih mudah memahami jika Moms dan Dads menjelaskannya dengan lebih konkrit. Karena itu, cobalah untuk menjelaskan apa yang Moms dan Dads inginkan dengan lebih konkrit dan spesifik. Misalnya saat meminta si kecil untuk membantu membereskan mainan, biasakan untuk selalu menjelaskan dengan detail hal apa saja yang perlu si kecil lakukan, kapan hal itu harus dilakukan, dan mengapa si kecil perlu melakukan hal tersebut. Dengan cara ini, si kecil akan lebih mudah memahami keinginan Moms dan Dads.



Selalu Satu Suara di Depan Anak

Moms dan Dads pasti pernah mengalami perbedaan pendapat saat berdiskusi mengenai cara mendidik anak untuk disiplin. Hal ini memang wajar karena Moms dan Dads pasti punya keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil. Namun sebaiknya perbedaan ini tidak dibawa di depan anak. Pastikan Moms dan Dads sudah satu suara saat mengajarkan disiplin untuk anak. Saat Moms dan Dads memiliki pendapat dan suara yang berbeda, tentunya anak akan merasa bingung harus menuruti siapa. Tapi jika Moms dan Dads satu suara dan tegas akan segala hal, maka si kecil akan lebih mudah untuk melatih sikap disiplin.



Ajarkan Anak tentang Apresiasi dan Konsekuensi

Hal yang paling mudah untuk mengajarkan anak mengenai disiplin adalah dengan mengajarkannya mengenai apresiasi dan konsekuensi. Saat si kecil berhasil melakukan hal dengan disiplin beri apresiasi dengan cara memberikan pujian dan pelukan untuknya. Moms dan Dads juga bisa membuat papan sederhana yang berisikan pencapaiannya. Setiap si kecil berhasil berlaku disiplin, berikan satu potongan bintang untuk ia tempelkan di papan tersebut. Jika papan pencapaiannya penuh, Moms dan Dads bisa memberikan hadiah spesial untuknya.



Sebaliknya, ajarkan juga si kecil mengenai konsekuensi. Ketika si kecil melakukan hal yang tidak disiplin, berikan konsekuensi yang telah Moms dan Dads setujui sebelumnya. Misalnya jika si kecil tidak membereskan mainannya setelah selesai bermain, maka si kecil tidak bisa bermain dengan permainan yang lain, sampai mainan sebelumnya dibereskan. Dengan mengajarkan apresiasi dan konsekuensi, si kecil akan paham mengenai pentingnya melakukan sikap disiplin.



Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mendidik anak lebih disiplin. Dengan mengajarkan sikap disiplin sejak dini, berarti Moms dan Dads menyiapkan anak untuk masa depan yang lebih baik. Tidak ada yang salah dengan mengajarkan disiplin pada anak sejak kecil. Justru dengan cara ini, anak akan lebih terbiasa untuk bersikap disiplin hingga ia dewasa nantinya.

Komentar (0)