Nia Yuniati 8 bulan lalu
share

Hai kak, saya seorang ibu dengan 2 orang anak . Kebutuhan rumah dan anak-anak tidak bisa di prediksi . Kebetulan saya full ibu rumah tangga jadi hanya suami yang bekerja . Sebetulnya penghasilan suami bisa dibilang lumayan besar . Namun, tetap saja saya dan suami tidak bisa memiliki tabungan setiap kali kamu menyimpan uang pasti terpakai untuk hal-hal mendadak . Tips untuk bisa memiliki tabungan agar tidak bisa di ganggu bagaimana ya kak ? IG : @nengmaricha #AttackWithTheExpert

Dijawab Oleh Admin

"Halo Smart Mom, terima kasih sudah ikut memberikan pertanyaan di Smart Mom Club.

Agar pengeluaran bulanan lebih bisa di prediski, sebaiknya pisahkan budget sesuai dengan jenis pengeluaran setiap bulannya. Contohnya sebagai berikut; 25% - 40% dari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari (bila 40% biasanya sudah termasuk transportasi dan sekolah anak), cicilan bulanan (bila ada hutang) maksimal 30%, 10% buat Zakat dan Sosial, 20%-30% di tabung dan investasi untuk masa depan.

Sejatinya apapun yang akan kita belanjakan harus tidak boleh melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Smart Mom harus ingat bahwa anda punya batasan dalam membelanjakan uang."

Komentar (0)