Yuk berbagi inspirasi dan tips menarik bersama Smart Mom lainnya!

Hai Smart Mom, punya pertanyaan, tips atau cerita?

Login untuk memberikan pertanyaan/diskusi di sini.

Smart Talk terkini Smart Talk terpopuler Dikomentari oleh pakar Menurut Smart Mom, noda apa sih yang paling susah dihilangkan? Walau saat ini anggota keluarga lebih banyak beraktivitas di rumah aja Saat ini home decor rumah makin populer karena bikin nyaman dan betah di rumah. Istimewanya, rumah mungil pun bisa disulap jadi aesthetic! Smart Mom, sudah mulai coba sustainable living alias jadikan semua aktivitas di rumah lebih ramah lingkungan? Seiring bertambahnya usia anak, pastinya biaya pendidikan anak makin bertambah ya! Menenangkan anak tantrum dengan main gagdet, apakah tepat? Sharing yuk, Smart Mom! Smart Mom gemar berkebun? Ada beragam tanaman untuk dibudidayakan mulai dari tanaman hias hingga sayuran hidroponik! Sebentar lagi tahun ajaran baru, sharing yuk tips merawat seragam anak ala Smart Mom agar tetap awet! Berapa waktu screen-time alias mengakses gadget yang diperbolehkan untuk Si Kecil? Smart Mom, Si Kecil mulai terlihat sulit dipisahkan dari gadget? Smart Mom, sharing tips atur waktu untuk beberes rumah, pekerjaan, dan menemani anak-anak yuk! Smart Mom, Hari Lebaran sudah di depan mata! Baju Lama Enaknya Diapakan ya Smart Mom? Saling Sharing Ide DIY Yuk di Smart Mom Club! Smart Mom, Apa Saja Pertimbangan Sebelum Beli Baju? Tips & Trick Fashion #WelcomingRamadanWithLoveAndCare Smart Mom, menjelang puasa, sudah punya trik anti ribet siapin makanan untuk sahur? Yuk Pelajari Cara Terapkan Mindfulness di Keluarga agar Makin Bahagia! Bebas Galau dan Stres dengan Teknik Mindfulness, Sharing Yuk! Kenalan Sama Mindful Lifestyle dan Manfaat Menerapkannya Yuk Smart Mom! Tips menggunakan pakaian sederhana berbahan halus namun tetap modern Tips Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Pandemi Tips & Trik Mengatur Keuangan agar Cash Flow Bulanan dan Aset Terjamin

by Edwin Aldrin Tan (IG: @buah.meditasi), Yoga and Mindfulness Teacher
Nah di artikel kali ini, Smart Mom akan mengenal bagaimana sih menerapkan mindfulness pada saat kegiatan bersama keluarga. Untuk menerapkannya bisa mulai dari Smart Mom dulu ya! Nah, saat Smart Mom sudah nyaman dengan teknik mindfulness yang sudah dibagikan di 2 artikel sebelumnya maka akan dengan gampang Smart Mom ajak suami dan anak-anak tercinta untuk latihan bersama. Pasti makin seru deh!

Singkat cerita, mindful lifestyle adalah penerapan hidup yang benar-benar berada pada kondisi/aktivitas saat ini dengan napas yang relaks sehingga Smart Mom tidak bereaksi berlebihan atas apa yang terjadi di sekeliling Smart Mom. Dengan melakukan teknik mindfulness dengan rutin, Smart Mom bisa terhindar dari stress dan kecemasan berlebihan dalam kehidupan sehari-hari.
Nah, ada 3 aktivitas utama yang bisa diterapkan bersama dengan keluarga untuk menerapkan mindfulness:

1. Mindful eating
Mindful eating memastikan Smart Mom menyadari makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Kegiatan mindful eating diterapkan pada saat makan, misal nya, anak diminta mengunyah 12 kali minimum dan merasakan sensasi dan rasa di dalam indera pengecap . Dengan teknik ini, anak diajak belajar untuk lebih bersyukur atas apa yang dia makan.

2. Mindful walking
Mungkin setiap pagi atau sore hari, Smart Mom bisa atur jalan-jalan santai dengan keluarga sambil mengajak keluarga untuk merasakan setiap langkah dan mengatur napas. Tapi tetap dilakukan dengan menjaga protokol kesehatannya ya, Smart Mom. Tidak harus ke luar rumah, jalan-jalan santai di dalam atau pekarangan rumah pun juga boleh.

Misalnya pada saat angkat kaki kanan bisa tarik napas, pada saat menapakkan kaki kanan buang napas panjang. Dengan teknik ini, anak belajar untuk menyatu dan menghargai alam dan sekitarnya, mengembangkan rasa cinta kasih kepada sesama

3. Mindful gadget
Jaman sekarang, anak tidak bisa dipisahkan dari gadget kan? Nah Smart Mom bisa lho mengajak anak bukan cuma menonton kartun favorit atau main game di gadget saja, tapi juga bisa main dan nonton film/aplikasi yang berhubungan dengan mindfulness sambil Smart Mom memberikan edukasi kepada anak sejak dini. Tapi tetap yang utama yaitu ajak berinteraksi dan batasi waktu main gadgetnya ya Smart Mom, karena pembatasan dalam ber-gadget juga merupakan praktik dari mindful gadget.

Selamat mencoba ya Smart Mom! Dengan Smart Mom menerapkan teknik mindful parenting ini ke anak-anak sejak dini, banyak sekali lho manfaatnya. Anak-anak akan mendapatkan bekal untuk semakin seimbang fisik dan emosi pada saat terjun ke masyarakat. Smart Mom juga akan lebih tenang dan keluarga semakin Bahagia.

Sharing yuk, Smart Mom tertarik menerapkan mindful lifestyle yang bagaimana di keluarga? Mungkin ada inspirasi habis melihat artikel di atas? jangan lupa didiskusikan juga sama pasangan yaa!

Untuk lebih jelasnya, yuk ikutan Webinar Zoom Class Smart Mom Club "Tetap Sehat dan Bahagia dengan Mindful Lifestyle" bersama Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan dan Ivy Batuta sebagai moderator. Minggu, 28 Maret 2021 jam 16.00 – 18.00 WIB, kunjungi bit.ly/webinarSMC untuk informasi selengkapnya ya! Pssst, menangkan Grand Prize Mesin Cuci dan Dryer Electrolux serta total hadiah senilai Rp18 juta lho????????

Pendaftaran di tutup hari ini, tangal 25 Maret 2021, ayo segera daftar sekarang ya Smart Mom!

Ikutan Sekarang

Tidak ada diskusi pada topik ini.