5 Bahaya Kecanduan Gadget

August 9 2017 - 11.35

Kita tidak dapat memungkiri bahwa perkembangan zaman membuat kita jadi harus menggunakan gadget setiap harinya. Tapi kalau kita sampai kecanduan gadget itu nggak baik lho, Smart Mom. Selain membuat quality time kita berkurang karena fokus terus-menurus dengan gadget ketika lagi kumpul bersama keluarga atau teman-teman, banyak dampak negatif dari kecanduan gadget seperti 5 hal berikut ini:

 

1. Nomophobia

Nomophobia adalah phobia dengan ciri-ciri memiliki sifat gelisah yang berlebihan. Hal tersebut timbul dari keinginan untuk melihat telepon genggam yang berlebihan. Semenit saja tidak melihat telepon genggam dapat menimbulkan kekhawatiran yang besar. Phobia ini akan sangat mengganggu karena merusak konsentrasi Smart Mom.

 

2. Kerusakan Otak

Kerusakan otak biasanya sering terjadi ketika gadget  terlalu dekat dengan kepala. Hal ini sering terjadi ketika banyak orang yang mendekatkan gadget di sekitar kepala saat tidur. Hal tersebut biasanya berakibat pada efek radiasi yang mengenai otak. Otak akan rusak lebih cepat karena radiasi bersifat merusak sel. Oleh karena itu hindari meletakkan gadget di sekitar kepala saat tidur.

 

3. Gangguan Tidur

Suara pada gadget yang menandakan ada pesan baru yang masuk akan membuat kita penasaran untuk mengintip isinya. Keasyikan ini bisa terus berlanjut hingga larut malam dan menyebabkan  waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi kita menjadi berkurang. Beberapa penelitian menyebutkan dampak buruk kurangnya waktu tidur adalah berkurangnya produktivitas kerja, naiknya jumlah kecelakaan, hingga tubuh jadi gampang diserang penyakit. Karena itu, matikan ponsel menjelang waktu tidur agar Smart Mom dapat beristirahat dengan baik.

 

4. Kanker Kulit

Kulit adalah bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan gadget dan membuat kulit paling rentan terhadap radiasi. Radiasi dapat merusak sel kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan paling buruk adalah munculnya sel kanker pada kulit Anda.

 

5. Gangguan Jantung

Gangguan jantung juga dapat disebabkan karena radiasi dari gadget. Selain meletakan gadget di dekat kepala saat tidur, beberapa orang juga sering meletakkan gadget di sekitar dada agar dapat merespon dengan cepat ketika gadget berbunyi. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada jantung terutama gangguan pada detak jantung.

posted August 9 2017 - 11.35