Anak Pintar Bergaul, Besar Kemungkinan Bebas Dari Bullying!

November 24 2017 - 13:44

Bullying memang sangat mengerikan. Pasalnya, dampak dari bullying ini tidak hanya akan terasa saat di sekolah saja, tapi bisa berlanjut hingga dewasa nanti. Bahkan parahnya lagi, sudah banyak anak yang berani bunuh diri karena tidak kuat menghadapi siksaan dari teman-temannya.

Sebelum semua itu menimpa Si Kecil, sangat bijak jika Smart Mom berusaha untuk mencegah agar mereka tidak di-bully teman-temannya, salah satunya dengan mendorong Si Kecil untuk mudah bergaul.

Menurut dr Andri SpKJ FAPM, Psikiater Klinik Psikomatik, mayoritas korban bullying adalah anak yang tidak percaya diri dan tidak pintar dalam bergaul. Bagi pelaku bullying, anak yang tidak terlalu banyak teman dianggap sebagai anak yang lemah sehingga mudah dimainkan.

Bagaimana agar Si Kecil pintar bergaul?

Banyak hal yang bisa dilakukan agar Si Kecil bisa bergaul dan mudah mendapatkan teman. Tapi intinya, jadikan dulu mereka sebagai anak yang percaya diri.

Lebih lanjut lagi, dr Andri menyarankan agar Smart Mom mengikuti sertakan Si Kecil dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, seperti Pramuka, kelas seni dan kegiatan lainnya. Menurutnya, cara ini cukup efektif untuk membiasakan mereka bersosilasisi dan melatih kepercayaa dirinya.

Selain itu, jangan lupa untuk membekali Si Kecil dengan kemampuan khusus yang bisa membuatnya menarik untuk dijadikan teman. Misalnya, latih dia untuk ahli matematika, atau dorong mereka untuk aktif dalam kegiatan olahraga dan seni bela diri. Dengan kelebihan yang dimilikinya, secara perlahan Si Kecil pun akan mulai diperhitungkan, dan bahkan bukan tidak mungkin akan diangkat sebagai pemimpin.

Sementara menurut psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.si, Smart Mom disarankan agar mengajarkan Si Kecil belajar mengatasi rasa tidak nyaman di lingkungan barunya, dan mencoba untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang berpotensi akan membully-nya.

Sebagai trik awal, Smart Mom bisa mengundang teman-teman Si Kecil untuk main dan mengerjakan tugas sekolah bersama di rumah, kemudian perlakukan mereka dengan baik. Secara bertahap, trik ini akan membuat hubungan sosial Si Kecil dan temannya terikat kuat, dan otomatis bullying pun tidak akan terjadi.

posted November 24 2017 - 13:44