Hati-hati, Hal Berbahaya Ini Bisa Dipelajari Si Kecil Dari Internet!

November 25 2017 - 13:45

Harus diakui jika internet berhasil menyediakan banyak informasi yang bisa membantu mengembangkan kemampuan Si Kecil, mulai dari pelajaran bahasa, ilmu matematika, percobaan kimia dan lainnya.

Sayang, di sisi lain internet pun memberikan dampak yang buruk bagi Si Kecil, termasuk mengajarkan hal-hal yang mungkin akan membahayakannya. Dilansir dalam HuffingtonPost.com, berikut merupakan 4 hal berbahaya yang bisa dipelajari Si Kecil dari internet.

Cara membuat kembang api

Coba Smart Mom cek tutorial membuat kembang api dengan bahan-bahan yang sederhana di YouTube. Di sana, banyak informasi menarik, lengkap dengan penjelasan yang terbilang mudah diikuti anak-anak.

Sepintas ini terkesan mendukung anak untuk berfikir kreatif. Tapi jika tidak didampingi orang dewasa, bukan tidak mungkin percobaan kecil ini akan menimbulkan petaka yang mengerikan, seperti timbulnya ledakan, hingga percikan kembang api yang mengakibatkan kebakaran.

Cara menyetir mobil

Beberapa waktu lalu Amerika sempat heboh dengan berita seorang anak laki-laki usia 8 tahun yang belajar menyetir mobil dari Youtube. Setelah merasa bisa, dia pun kemudian mengajak adiknya untuk main ke salah satu resoran cepat saji dekat rumahnya.

Memang tidak ada yang salah dengan belajar menyetir. Tapi hal ini tidak seharusnya dilakukan oleh anak-anak yang belum genap 17 tahun. Apalagi tanpa didampingi orang dewasa!

Melakukan eksperimen berbahaya

Banyak sekali situs-situs yang menjelaskan tentang eksperimen dengan metode ilmiah, termasuk cara-cara menggunakan bahan-bahan kimia sederhana.

Jika melihat tema yang diangkat, situs-situs tersebut terlihat ingin mendukung kemajuan dalam bidang kimia. Sayang, jika ekperimen ini dilakukan anak-anak tanpa sepengetahuan orang dewasa, hal ini bisa berakibat fatal bagi mereka dan orang-orang disekitarnya.

Praktik menggunakan vape

Di YouTube sekarang ini populer video tutorial tentang trik bagaimana mengeluarkan asap dari rokok elektrik (vape) agar tampak menarik.

Bagi orang dewasa, video tutorial ini mungkin akan terlihat asyik. Tapi bagaimana bagi anak-anak? Jelas ini sangat berbahaya, mengingat Vape sendiri saat ini masuk dalam kategori zat berbahaya setara rokok. Bahkan di Amerika sendiri, peredarannya sudah mulai dibatasi.

Oleh karena itu Smart Mom, yuk awasi Si Kecil ketika sedang bermain internet!

posted November 25 2017 - 13:45