Tenangkan Balita Yang Ngamuk Pakai Gadget, Bisa Bikin Mereka Sulit Konsentrasi?

Ada satu cara praktis yang biasa dilakukan orangtua zaman sekarang saat menenangkan anaknya yang ngamuk, yakni dengan memberikan gadget, baik itu digunakan untuk menonton video kesukaannya, mendengarkan musik hingga bermain games.

Hati-hati, Bisa Membuat Anak Sulit Konsentrasi

Menurut psikolog anak dan keluarga, Amanda Margia Wiranata, dampak kebiasaan menenangkan anak dengan gadget sangat fatal. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat mereka berpikir jika mengamuk merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan apa yang diinginkannya (termasuk gadget).

Padahal menurut Amanda, anak yang terbiasa dengan gadget umumnya kurang mampu bersosialisasi dengan teman-temannya. Selain itu, rata-rata dari mereka memiliki kemampuan berbahasa yang sangat rendah, berisiko obesitas dan kurang mampu mengendalikan emosi.

Senada dengan Amanda, Psikolog anak dan keluarga, sekaligus Founder dan CEO Personal Growth, Dra. Ratih Ibrahim, MM, menerangkan jika gadget bisa membuat anak bosan dan sulit konsentrasi dengan dunia nyata, termasuk dengan orangtua dan pelajarannya.

Bahkan saking sulitnya meninggalkan gadget, dia akan merasa gelisah dan kebingungan jika tidak ada gadget di tangannya. Hal ini berlaku saat anak sedang bersekolah, gadget akan membuatnya teringat terus dengan rumah sehingga sulit fokus pada pelajaran.

Jelas masalah ini akan terhubung langsung dengan perstasi anak di sekolah. Selain itu, hubungan Si Kecil dengan anak-anak lainnya pun akan renggang (sulit bersosialisasi) dan membuatnya rentan menerima bullying, baik secara verbal atau fisik.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Menjauhkan anak dari gadget merupakan pilihan terbaik. Dalam hal ini, Amanda menyarankan agar Smart Mom memberikan aturan yang tegas soal penggunaan gadget.

  • Buat jadwal anak bermain gadget, misalnya sehari hanya boleh 1 jam dan dilakukan pada sore hari atau saat jam bermain saja.
  • Berikan peringatan secara berkala saat waktu bermain gadget sudah hampir habis. Contohnya, Smart Mom bisa mengingatkan jika 10 menit lagi waktu main gadget habis, dan seterusnya.
  • Berikanlah mainan alternatif seperti mobil-mobilan, boneka dan lainnya. Meskipun kurang efektif, setidaknya anak masih punya banyak pilihan untuk bermain.
  • Luangkan waktu untuk main bersama anak. Salah satu alasan anak memilih bermain adalah mereka kesepian dan kurang dapat perhatian dari Smart Mom.
  • Dorong anak untuk bermain di luar ruangan. Selain baik untuk mengajarkan mereka terbiasa bersosialisasi dan bergerak, cara ini pun efektif untuk membatasi mereka bermain dengan gadget.

Bagaimana Smart Mom. Mudah bukan? Selamat mencoba!

posted 08 Mei 2018 - 12:02