Smart Mom, Ini Cara Sehatkan Kembali Keuangan Pasca Lebaran

Saat lebaran, tidak hanya THR yang akan habis dalam waktu singkat. Kalau tidak bijak dalam mengatur keuangan, bukan tidak mungkin tabungan pribadi, dan dana darurat pun akan ikut terpakai. Kalau sudah seperti ini, bukankah Smart Mom sendiri yang akan kerepotan?

Tapi bagaimana kalau kondisi ini sudah terlanjur terjadi? Tidak perlu disesali, berikut merupakan trik cara sehatkan kembali keuangan pasca lebaran.

Hitung Dana yang Masih Tersedia

Cobalah untuk menghitung kembali dana yang tersisa. Semua dana ini harus dihitung, termasuk sisa dana darurat, tabungan, dan uang belanja bulanan.

Jika uang belanja bulanan masih tersedia, kunci dana tersebut untuk membiayai hidup Smart Mom dan keluarga hingga waktu gajian bulan depan tiba. Kalau masih kurang, Smart Mom bisa menggunakan sisa dana darurat yang mungkin masih tersimpan dalam rekening.

Pangkas Dana Non-prioritas

Jika selama ini Smart Mom masih menyediakan dana untuk hangout tiap akhir pekan, uang jajan atau uang belanja kosmetik dan dana non-prioritas lainnya, sebaiknya pangkas dulu pos pengelurana tersebut, kemudian alihkan untuk mengisi pos dana darurat.

Tetapkan Biaya Harian

Tetapkan biaya harian seminimal mungkin. Misalnya, jika selama ini jatah makan keluarga Smart Mom mencapai 100 ribu per hari, sebaiknya pangkas hingga 50%. Selain itu, Smart Mom pun bisa memangkas biaya bensin, mengurangi penggunaan listrik, dan biaya lainnya.

Intinya, Smart Mom harus mampu mengencangkan ikat pinggang agar keuangan keluarga bisa kembali stabil. Makin besar penghematan yang dilakukan, makin cepat pula keuangan keluarga akan pulih.

Tunda Dulu Belanja

Tunda rencana untuk belanja produk-produk yang bersifat konsumtif, atau yang tidak masuk dalam daftar prioritas. Untuk saat ini, fokuslah untuk mengisi ulang pos-pos wajib, seperti dana darurat.

Jangan lupa, tentukan target kapan keuangan Smart Mom harus kembali sehat. Tapi ingat, pastikan target yang ditentukan cukup rasional. Selamat berhemat Smart Mom!

posted 12 Juni 2018 - 11:13