Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

3 Tips Merawat Batik Kesayangan

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
3 Tips Merawat Batik Kesayangan

Sebagai orang Indonesia, pastinya kita sudah nggak awam lagi dong dengan penggunaan batiksebagai pakaian sehari-hari. Merawat batik tentunya berbeda dengan merawat pakaian-pakaian lainnya, beberapa jenis batik memiliki sifat yang mudah luntur dan dengan mencucinya dengan sembarangan dapat membuat batik kesayangan bias rusak loh!.

Nah Smart Mom, sekarang ada solusinya gimana agar batik kesayangan kita itu nggak mudah luntur dan rusak karena cara merawatnya yang kurang tepat, simak 3 cara merawat batik kesayangan anda tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan tanpa mengeluarkan tenaga yang banyak.

1. Hindari Mesin Cuci

Mencuci batik dengan mesin cuci adalah hal yang sangat tidak disarankan karena dapat merusak serat kain batik itu sendiri karena beberapa kain batik sangat sensitif. Selain itu mencuci batik dengan mesin cuci beresiko menyebabkan warna batik menjadi luntur jika tercampur dengan pakaian-pakaian lainnya. Cucilah batik dengan rendaman air hangat dan menguceknya dengan perlahan. Sabun cuci pakaian yang digunakan untuk mencuci batik juga tidak dapat sembarangan loh Smart Mom, karena beberapa sabun cuci pakaian mengandung bahan kimia yang terlalu keras untuk batik dan dapat merusak batik itu sendiri. Smart Mom bias menggunakan Attack Batik Cleaner untuk mencuci batik kesayangan anda, cara pemakaiannya juga mudah yaitu dengan menuangkan 1 – 2 sendok teh kedalam 2 liter air untuk mencuci 1 potong pakaian batik anda, kemudian kucek perlahan dan rendam dalam waktu secukupnya.

2. Tidak Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah merendam batik, jangan memeras batik seperti jika anda mencuci pakaian-pakaian lain, memeras batik dapat mengakibatkan batik kesayangan anda menjadi mengkerut dan lecek yang dapat mengakibatkan batik kesayangan anda tidak dapat kembali kebentuk aslinya. Jemurlah batik tidak langsung di bawah sinar matahari, cukup di tempat yang terkena angin dan biarkan batik kering dengan sendirinya, dengan begitu batik kesayangan anda akan kembali bersih tanpa luntur dan lusuh.

3. Menyetrika Bagian Dalam Batik

Jangan pernah menyetrika bagian luar batik ya Smart Mom,  karena batik tidak disarankan untuk terkena suhu panas yang berlebih. Selain itu jangan menyemprotkan pewangi pakaian terlalu dekat dengan batik karena hal tersebut bias merusak warna batik anda, setrika bagian dalam batik dan usahakan tidak menyemprot pewangi pakaian ke batik anda agar tetap menjaga warna dan corak batik. Untuk penyampaian batik, usahakan juga tidak meletakan kapur barus atau pewangi lemari lainnya, karena hal-hal tersebut juga dapat mempengaruhi warna batik kesayangan anda. Usaha kan menggantung batik kesayangan anda ya Smart Mom, selain menjaga warnanya agar tidak luntur, batik anda juga terhindar dari lecek dan tetap rapi ketika dipakai walaupun telah dicuci berulang-ulang. Selamat mencoba Smart Mom!

Prev Post

3 Tips Mencuci Pakaian yang Sering Terlupakan

Next Post

7 Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

SHARE TO