Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini yang Sebaiknya Dihindari Saat Menghilangkan Noda di Baju Bahan Sifon

Posted on 25 November 2019, 03:46 PM
Ini yang Sebaiknya Dihindari Saat Menghilangkan Noda di Baju Bahan Sifon

Pakaian berbahan sifon mempunyai bobot ringan dan sejuk saat dikenakan. Jenis bahan ini paling sering digunakan untuk blus, rok, hingga gaun. Padu-padan yang tepat pun bakal membuat Smart Mom tampil elegan.

Sayangnya, tak semua orang mengetahui cara merawat sifon, termasuk saat ada noda yang menempel di permukaannya. Bahannya yang tipis membuat sifon rentan rusak atau sobek. Di bawah ini ada lima kesalahan yang sepatutnya Smart Mom hindari buat menjaga kualitas sifon.

  1. Membersihkan dengan mesin cuci

Sifon termasuk bahan yang mudah mengerut maupun merenggang, sehingga Smart Mom tak boleh sembarangan mencucinya. Namun, beberapa orang yang kurang memperhatikan pemeliharaan kain asal memasukkan sifon ke mesin cuci. Sebenarnya, tak ada larangan menggunakan mesin cuci buat membersihkan kotoran pada sifon. Hanya saja, Smart Mom harus memasukkannya ke dalam kantung khusus supaya sifon tak menyangkut ke pakaian lain.

  1. Memeras atau mengucek terlalu kuat

Memeras atau mengucek adalah teknik aman yang bisa Smart Mom gunakan untuk melepaskan kotoran dari sifon. Akan tetapi, jangan terlalu kuat, ya, sebab nantinya sifon yang rapuh akan koyak atau sobek. Smart Mom bisa menggunakan sikat halus atau mengoleskan deterjen pada noda atau kotoran.

  1. Memakai detergen berbahan keras

Dengan karakternya yang lembut, sifon bakal cepat rusak saat dibersihkan dengan jenis detergen berbahan keras. Akan lebih baik kalau Smart Mom beralih ke detergen cair yang lebih aman seperti Attack Batik Care. Berbeda dari detergen kebanyakan, Attack Batik Care dirancang khusus buat jenis kain halus seperti sifon. Hasilnya, pakaian Smart Mom bakal wangi, lembut, tanpa ada kerutan maupun bulu yang muncul di permukaan.

  1. Menjemur di bawah sinat matahari langsung

Selain fleksibel, sifon termasuk bahan atau kain yang mudah berubah warna. Maka dari itu, selain hati-hati saat mencucinya, perhatikan tempat mengeringkan sifon. Menempatkan sifon langsung di bawah sinar matahari memang akan membuatnya cepat kering, tetapi warnanya bakal memudar. Bukan hanya itu, permukaannya akan cepat kusam. Sebaiknya keringkan bahan tersebut dengan disimpan di tempat teduh dan tak lembab.

  1. Menyimpan dengan cara digantung

Perawatan terhadap sifon akan lebih maksimal kalau Smart Mom memperhatikan cara menyimpan kain tersebut. Menggantung sifon saat menjemur maupun menyimpannya malah akan membuat bahan melar atau berisiko terkena kotoran. Jangan pakai penjepit juga, sebab bakal meninggalkan bekas pada sifon. Sebaiknya sifon disimpan dengan cara dilipat dan diletakkan pada tempat datar.

 

Prev Post

Cara Merawat Baju Batik Agar Tidak Luntur

Next Post

Koleksi Barang Branded, Gengsi atau Investasi?

SHARE TO