Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Jenis Musik Yang Baik Didengarkan Saat Mengandung

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Jenis Musik Yang Baik Didengarkan Saat Mengandung

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu yang sedang mengandung. Bagi Smart Mom yang sedang mengandung, ada baiknya mendengarkan lagu-lagu musik klasik yang terbukti berdampak positif tidak hanya bagi Smart Mom tetapi juga bagi janin.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik. Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil dan hormon tersebut mempengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengarkan musik. Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Selain itu sekelompok ilmuwan dari Inggris pernah melakukan penelitian dengan memutarkan sebuah lagu pada janin usia 20 minggu. Kemudian, 2-3 minggu setelah lahir, mereka menguji respon bayi tersebut. Dari hasil penelitian tersebut mereka menyimpulkan bahwa bayi mampu mengingat jenis musik yang pernah diperdengarkan dan menjadi tenang ketika musik tersebut diputar kembali.

Keseluruhan penelitian yang telah disebutkan sebelumnya menggunakan musik klasik dalam percobaannya. Musik klasik dipilih karena dapat memberikan sang ibu ketenangan dan juga mengurangi stress yang tidak baik bagi kandungan. Selain itu musik klasik juga dianggap bagus untuk perkembangan janin akibat memiliki tempo dan struktur nada yang teratur, sehingga bisa memberikan sebuah penggambaran tersendiri bagi otak.

Musik klasik dianggap mampu memberikan sebuah gambaran yang memperlihatkan bahwa dunia memiliki garis-garis yang saling terhubung, hanya saja tidak terlihat. Kemampuan untuk menarik garis yang tak terlihat inilah yang menciptakan perbedaan kecerdasan pada janin.

Selain itu ada sebuah fakta yang mengungkapkan bahwa janin yang sering mendengarkan musik klasik akan cenderung menjadi anak yang lebih tenang. Selain itu, sang anak juga akan lebih mudah tidur nyenyak. Tidur lelap itu sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dengan perkembangan otak si kecil. Pada dasarnya, sel saraf otak janin akan tumbuh secara pesat saat ia tertidur, dan saat ia tidur dengan tenang, maka perkembangan otak bisa menjadi lebih maksimal.

Walaupun Musik klasik bukan favorit Smart Mom, namun hal ini akan sangat berarti jika diperdengarkan bagi janin, agar dia bisa mendapatkan sesatu yang positif untuk tumbuh kembang ke depannya. Tidak ada salahnya bukan untuk dicoba?

Prev Post

7 Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

Next Post

5 Tips Mendidik Buah Hati Menjadi Mandiri

SHARE TO