Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Biar Si Bungsu Tidak Manja, Ini Yang Harus Dilakukan Smart Mom

Posted on 8 December 2017, 06:23 AM
Biar Si Bungsu Tidak Manja, Ini Yang Harus Dilakukan Smart Mom

Pengalaman yang didapat saat membesarkan anak sulung dan anak tengah, akan membuat orangtua cenderung lebih santai pada anak bungsunya. Selain itu, anak bungsu pun cenderung mendapat banyak limpahan kasih sayang, terutama dari orangtua dan kakak-kakanya.

Menurut penulis buku The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are, Kevin Leman, PhD, saat memiliki anak bungsu umumnya orangtua sudah tidak merasakan kegugupan yang sama seperti saat mereka mendidik anak pertama.

Selain itu, anak bungsu pun cenderung tidak banyak memikul tanggung jawab yang besar seperti layaknya anak sulung, sehingga dia pun akan cenderung tumbuh menjadi anak yang periang, santai dan lebih suka bersenang-senang. Hal inilah yang membuat mereka cenderung menjelma jadi anak yang manja.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak bungsu agar mereka tidak manja?

Dalam pemaparannya tentang pola asuh dan posisi kelahiran anak, Frank J. Sulloway, Profesor Departemen Psikologi Universitas California, Amerika, berpendapat jika orangtua kerap menganggap anak bungsu tidak serius dan hanya ingin bermain-main (bermanja-manja).

Padahal menurutnya, bisa jadi sikap tersebut dia keluarkan hanya ingin menunjukan jika dia bisa, terutama kepada orangtua dan saudara-saudaranya.

Makanya, Frank menyarankan agar Smart Mom meminta Si Kecil untuk membuat beberapa keputusan keluarga, misalnya harus pergi ke mana atau video mana yang akan ditonton bersama keluarga. Dengan cara ini, mereka akan dilatih untuk mengambil keputusan berdasarkan seleranya.

Selain itu, Smart Mom pun perlu mengakui pengalaman pertama Si Kecil, sama seperti yang dilakukan Smart Mom pada kakak-kakaknya. Misalnya, ketika dia berhasil mengikat tali sepatu atau sudah bisa mandi sendiri, puji mereka dan kalau perlu, umumkan ini pada seluruh keluarga, terutama kakek dan neneknya.

Sementara untuk membangun rasa tanggung jawab, Si Kecil perlu diberi beberapa tugas rumah yang mampu dia kerjakan dengan benar. Misalnya, Smart Mom bisa meminta dia untuk membantu meletakkan serbet di atas meja, menyuruhnya membereskan kamar dan mainannya.

Dengan kata lain, Frank menyarankan agar Smart Mom melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pada anak-anak lainnya saat membangun kemandirian dan tanggung jawab. Dengan pola asuh yang sama, anak bungsu pun bisa menjelma jadi anak yang mandiri, penuh tanggung jawab dan tidak manja.

Prev Post

Smart Mom, Ini Solusi Biar Cicilan KPR Nggak Terasa Berat!

Next Post

Smart Mom, Ini Pola Asuh Asuh Tepat Bagi Si Anak Sulung!

SHARE TO