Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Biaya Sekolah Si Kecil Mahal? Begini Cara Menyiasatinya

Posted on 24 January 2020, 02:49 PM
Biaya Sekolah Si Kecil Mahal? Begini Cara Menyiasatinya

Menyiapkan dana pendidikan si Kecil sebaiknya dilakukan sedini mungkin, Smart Mom, untuk mengantisipasi kenaikan biaya akibat inflasi tahunan. Jika terlalu santai, Smart Mom dan pasangan bakal kebingungan kala mendapati dana pendidikan yang meroket tajam dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk mencegah kemungkinan terburuk dari mahalnya biaya pendidikan, Smart Mom dapat gunakan cara-cara berikut ini!

  • Sisihkan dari pendapatan bulanan

Langkah awal yang dapat Smart Mom lakukan adalah menabung dengan menyisihkan pendapatan. Semakin awal, semakin banyak pula simpanan yang bisa digunakan untuk membiayai sekolah si Kecil. Dalam hal ini, Smart Mom harus bisa menahan segala tantangan buat memakai tabungan itu.

  • Sesuaikan anggaran dengan jumlah anak

Uang yang Smart Mom tabung juga harus disesuaikan dengan jumlah anak dalam keluarga. Dengan kata lain, Smart Mom dan suami perlu membicarakan dulu berapa anak yang ingin dibesarkan. Bakal lebih bagus kalau topik tersebut didiskusikan sejak sebelum pernikahan.

  • Merancang prioritas keuangan

Dibutuhkan komitmen tinggi untuk menabung biaya pendidikan anak. Smart Mom bisa memudahkan proses tersebut dengan merancang skala prioritas. Smart Mom mungkin akan mengorbankan banyak hal, tetapi semuanya bakal terbayar saat si Kecil berhasil menempuh pendidikan tertinggi.

  • Mengambil asuransi pendidikan

Punya pendapatan besar, tetapi kesulitan mengelola keuangan? Smart Mom dan pasangan dapat mengambil asuransi pendidikan anak untuk menyimpan biaya sekolahnya kelak. Keberadaan pihak ketiga mau tak mau ‘memaksa’ Smart Mom menyisihkan uang untuk membayar iuran.

  • Siapkan tabungan pendidikan

Jika Smart Mom tak mau mengambil asuransi, maka ada opsi lebih terjangkau seperti tabungan pendidikan yang disediakan sejumlah bank. Biasanya bank akan memotong uang dari rekening, lalu dana tersebut bakal didepositkan ke tabungan yang Smart Mom siapkan.

  • Investasi buat biaya pendidikan

Langkah berikutnya yang bakal meringankan Smart Mom membayar biaya pendidikan si Kecil kelak adalah melalui investasi. Tak hanya dalam bentuk uang, investasi emas dan properti belakangan kian diminati karena membawa untung banyak dan dapat mencukupi kebutuhan.

Itulah sejumlah metode yang bisa Smart Mom pertimbangkan buat meringankan biaya pendidikan si Kecil di kemudian hari.

Prev Post

Pakaian Terendam Banjir? Begini Panduan Mencucinya

Next Post

Resep Empal Gentong Khas Cirebon untuk Keluarga Tercinta

SHARE TO