Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Cara Efektif Menghemat Uang Belanja Bulanan

Posted on 23 September 2019, 12:21 PM
Cara Efektif Menghemat Uang Belanja Bulanan

Penghasilan besar, tetapi selalu habis jauh sebelum tanggal gajian? Sepertinya Smart Mom perlu mengevaluasi pengeluaran belanja bulanan. Pasalnya tidak sedikit orang yang secara tak sadar melakukan pemborosan. Nah, Smart Mom yang ingin berhemat dapat mengikuti trik-trik berikut dalam mengatur kebutuhan bulanan.

  • Merancang anggaran bulanan

Dalam merancang anggaran, susunlah kebutuhan sesuai prioritas. Jadi Smart Mom tidak akan lupa membeli produk yang benar-benar harus ada setiap bulannya. Selain itu, Smart Mom juga akan tahu ke mana saja aliran uang yang dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu.

  • Fokus pada kebutuhan alih-alih keinginan

Pemborosan juga kerap muncul karena seseorang tak tahu mana kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan para umumnya bersifat urgen, misalnya seperti sembako, cicilan rumah/kendaraan, hingga asuransi. Lalu keinginan sifatnya tak terlalu mendesak seperti menonton di bioskop atau makan di restoran.

  • Segera sisihkan pendapatan

Jika Smart Mom belum terbiasa menyisihkan pendapatan, silakan gunakan metode 60/20/20. 60% dipakai untuk kebutuhan prioritas, 20% untuk dana darurat, dan 20% lagi untuk investasi. Smart Mom bisa mengganti persenannya sesuai anggaran yang telah dibuat.

  • Mencatat setiap pengeluaran

Rutin mencatat pengeluaran memberikan banyak benefit. Antara lain memangkas nominal pengeluaran untuk barang yang tak diperlukan, memonitor arus kas, hingga menyusun daftar prioritas. Smart Mom pun bisa memakai aplikasi finansial untuk membantu mencatat pengeluaran.

  • Menyiapkan rekening terpisah

Supaya Smart Mom tidak gampang mengambil uang yang disisihkan, siapkan rekening terpisah. Misalnya satu rekening untuk menampung transfer penghasilan, sementara rekening lainnya dimanfaatkan untuk menabung. Jumlah rekening dan jenisnya bisa Smart Mom tentukan sesuai kebutuhan.

  • Menghindari kebiasaan berhutang

Apa pun jenisnya, hindari kebiasaan berhutang, Smart Mom. Salah satu contoh kecil yang sebaiknya Smart Mom jauhi adalah tidak menggunakan kartu kredit apabila memang tak terlalu dibutuhkan. Kartu kredit memang memberikan kemudahan, tetapi membayar tagihannya begitu memberatkan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, terapkan trik di atas agar Smart Mom bisa menghemat uang belanja bulanan!

Prev Post

Mau Celemek Bebas Noda dan Bau? Ini Tipsnya

Next Post

Pentingnya Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha

SHARE TO