Bagikan

Usia Berapa Si Kecil Boleh Diberi Kartu Debit?

Diupload pada 20 October 2023, 09:20 AM Smart Finance
Usia Berapa Si Kecil Boleh Diberi Kartu Debit?

Saat ini sudah ada cukup banyak bank yang membuka layanan tabungan khusus anak-anak yang dilengkapi dengan kartu debit. Dengan kartu debit ini, anak-anak tak perlu repot-repot menyetor atau mengambil uang di bank, karena ia bisa cukup melakukannya lewat ATM terdekat. Tapi, usia berapa Si Kecil boleh diberi kartu debit?

 

Bisa Dikenalkan Sejak Dini

Keterampilan dan pengetahuan tentang keuangan sudah bisa diajarkan pada anak sejak dini dan salah satunya pemakaian kartu debit. Dilansir dari laman Kumparan, Rob DeLucas, seorang penasihat keuangan ternama, mengungkapkan memberikan anak kartu debit bisa membantu ia mempelajari dasar-dasar pengelolaan uang dan mengembangkan kebiasaan mengelola uang dengan baik.

Seperti membuat perencanaan pengeluaran bulanan dari uang yang diberikan orang tua, atau melacak pengeluaran agar tidak sampai boros. Si Kecil juga bisa belajar membedakan dengan lebih baik antara keinginan dan kebutuhan, dan lebih cepat memahami pengelolaan uang saat sudah dewasa nanti.

Kartu debit juga bisa memberikan kesempatan pada Si Kecil untuk belajar tentang kemandirian dan kewaspadaan. Seperti layaknya orang dewasa, Si Kecil juga perlu pemahaman tentang bagaimana menjaga kartu debit agar tidak dicuri orang lain hingga menggunakannya dengan aman saat di ATM. Selain itu, Si Kecil juga bisa belajar mengenai menjaga informasi bersifat rahasia, seperti data diri dan PIN, dan tidak mengunggah foto kartu debitnya di media sosial.

 

Usia Ideal Si Kecil Bisa Diberi Kartu Debit

Memberikan kartu debit pada anak-anak merupakan keputusan pribadi dan kebijakan dari Smart Mom. Tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah aspek kedewasaan Si Kecil sebelum memberikannya kartu debit.

Dilansir dari laman Forbes, seorang Penasihat Keuangan Tom Henske, memberi saran, sebaiknya kartu debit baru diberikan pada anak yang berusia sekitar 12 tahun. Ia berpendapat 12 tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai berlatih dengan kartu debit, dengan akses uang yang masih dibatasi dan secukupnya. Anak yang berusia antara 8 sampai 12 tahun diketahui sudah bisa diajak bekerjasama dengan orang tua dalam membuat keputusan pengeluaran yang lebih cerdas.

Tapi satu hal yang sebaiknya Smart Mom selalu ingat, jangan lupa untuk selalu mengawasi penggunaan kartu debit untuk memastikan Si Kecil tidak memakai uang secara berlebihan. Semoga informasi tentang usia berapa Si Kecil boleh diberi kartu debit ini cukup jelas dan bermanfaat untuk Smart Mom semua!

 

Selalu gunakan deterjen Attack Sensor Matic 9 Hi-Tech in 1 yang memiliki Automatic Sensor Technology yang secara otomatis jitu melacak, melawan dan membersihkan noda hingga ke serat kain terdalam. 1,5X lebih efektif membersihkan segala macam noda membandel pada pakaian. Dengan Attack Sensor Matic 9 Hi-Tech in 1, Smart Mom bisa mencuci baju dengan cepat sehingga memiiki banyak waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Lengkapi dengan Pewangi Pelembut Attack Fresh Up sehingga pakaian lebih mudah disetrika dan mendapat perlindungan anti bau hingga 48 jam sejak digunakan.