Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Baca Buku Sambil Tiduran Sebabkan Mata Minus? Ini Kata Ahli

Posted on 23 July 2020, 02:06 PM
Baca Buku Sambil Tiduran Sebabkan Mata Minus? Ini Kata Ahli

Membaca buku adalah kebiasaan yang baik. Selain bisa menjadi sarana hiburan, membaca buku juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan. Saat membaca buku, mungkin ada dari Smart Mom yang membaca buku sambil tiduran karena merasa lebih nyaman. Namun, kebiasaan ini katanya bisa menyebabkan mata minus. Benarkah anggapan tersebut?

Dilansir dari laman situs detikHealth, seorang ahli kesehatan, dr Gitalisa Andayani, SpM(K), mengungkapkan bahwa membaca buku sambil tiduran tidak menyebabkan mata menjadi minus, tapi bisa membuat mata jadi kelelahan karena posisi yang tidak ergonomis, jarak membaca jadi tidak ideal. 

dr Gitalisa menjelaskan,dengan membaca sambil tiduran, jarak mata akan menjadi lebih dekat tanpa disadari. Ketika membaca buku dengan posisi terlalu dekat, secara tidak langsung mata akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk bisa melihat tulisan yang ada pada buku. Padahal ketika membaca buku kita membutuhkan fokus yang lebih tinggi. Mata yang bekerja berlebihan tersebut akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah. Mata akan terasa perih dan kadang berair. 

Nah, untuk mencegahnya, sebaiknya Smart Mom segera menghentikan membaca buku sambil tiduran. Selain itu, agar membaca buku menjadi lebih nyaman, Smart Mom bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Jaga jarak mata dengan tulisan

Jarak ideal antara mata dengan tulisan ketika membaca buku adalah 25 cm-30 cm. Dengan jarak seperti ini, mata bisa membaca tulisan dengan lebih mudah dan nyaman karena lensa mata tidak perlu berkontraksi terlalu keras untuk bisa membaca tulisan. Sebaliknya, jarak yang kurang dari atau lebih dari 25 cm-30 cm bisa menyebabkan  mata bekerja lebih keras dan akhirnya mata menjadi lebih mudah lelah.

  1. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang ideal membaca buku adalah cahaya diarahkan ke tulisan ketika sedang membaca. Dengan begitu, Smart Mom bisa membaca buku lebih nyaman karena tulisan akan tampak lebih jelas. Jika cahaya yang mengarah pada buku minim atau kurang, bisa dipastikan mata akan bekerja keras dan menyebabkan mata menjadi lelah.

 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Prev Post

Bikin Gado-gado Saus Kacang yang Lezat dan Sehat Yuk, Smart Mom!

Next Post

Tips Sukses Beradaptasi dengan "New Normal"

SHARE TO