Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Homemade Burger Ayam, Lezat dan Sehat untuk Bekal Sekolah Si Kecil

Posted on 24 January 2020, 03:13 PM
Homemade Burger Ayam, Lezat dan Sehat untuk Bekal Sekolah Si Kecil

Ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih menu bekal buah hati di sekolah. Selain enak, bergizi, dan disukai oleh si kecil, Smart Mom pasti juga mempertimbangkan faktor kemudahan dan kepraktisan.

Tak ada salahnya kok menyiapkan menu bekal si kecil yang mudah dan praktis, apalagi kalau Smart Mom juga harus ngantor setiap pagi. Apalagi, menu bekal yang mudah dan praktis tak perlu harus selalu makanan instan, kok. Contohnya menu homemade burger ayam yang satu ini.

Siapa sih anak kecil yang tidak suka burger? Daripada Smart Mom memberikan menu burger dari restoran cepat saji yang tinggi kalori, garam, dan tidak menyehatkan, Smart Mom bisa kok siapkan sendiri burger ayam di rumah. Smart Mom juga bisa simpan burgernya di dalam freezer agar bisa dinikmati di kemudian hari. Makin praktis, kan?

Daripada buang-buang waktu lagi, yuk simak resep homemade burger ayam untuk bekal si kecil yang menyehatkan ini! Oh iya, resep ini bisa diolah jadi mini homemade burger agar pas dengan porsi si kecil ya Smart Mom.

Resep Homemade Burger Ayam untuk Bekal Sekolah Anak

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg daging ayam giling
  • 1 1/2 sdt bawang putih, dicacah halus
  • 100 gr daun parsley segar, dicacah halus
  • 1/2 sdt oregano kering
  • 2 sdt air perasan jeruk lemon segar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica hitam (black pepper)
  • 100 gr remah roti kering (bread crumbs kering)
  • 2 sdt minyak zaitun¬†

Instruksi:

  1. Siapkan sebuah mangkok besar, kemudian tambahkan daging ayam, bawang putih, daun parsley, oregano, dan air perasan lemon. Campur dan aduk sampai merata dengan menggunakan garpu.
  2. Tambahkan garam dan merica hitam untuk membumbui adonan burger, terus aduk sampai seluruh bahan dan bumbu tercampur dan menyatu dengan baik.
  3. Setelah adonan burger siap, bagi dan buat jadi 16 patty (daging) burger berukuran kecil, atau sesuai dengan selera.
  4. Siapkan sebuah wadah seperti piring atau loyang, kemudian tuangkan remahan roti. Lapisi masing-masing daging burger dengan remahan roti di seluruh permukaannya, dan tekan dengan pelan agar remahan menempel dengan baik. Sisihkan terlebih dahulu.
  5. Panaskan 1 sdt minyak zaitun di atas permukaan teflon di atas api berukuran sedang. Setelah minyak panas, masak daging burger sampai matang dan warna permukaannya menjadi cokelat, kira-kira selama 10 menit. Pastikan Smart Mom membalik daging hanya sekali saja. Teruskan sampai minyak dan semua daging burger selesai digoreng. Kalau daging berubah menjadi cokelat sebelum matang sepenuhnya, kecilkan api, tutup penggorengan, dan lanjutkan memasak selama beberapa saat.
  6. Smart Mom sudah bisa menyajikan burger dengan roti burger atau roti tawar. Tambahkan topping favorit seperti daun selada, tomat, dan timun, atau dengan keju.

Petunjuk penyimpanan:

  • Penyimpanan di freezer.

Setelah seluruh daging burger sudah dilumuri dengan remahan roti, letakkan masing-masing daging burger di atas selembar kertas roti atau kertas panggang, bungkus, dan simpan di dalam freezer selama 1 jam. Setelah daging burger sepenuhnya beku, Smart Mom bisa pindahkan ke dalam kantong penyimpanan resealable untuk penyimpanan yang lebih lama hingga 3 bulan.

  • Untuk dipanaskan kembali.

Kalau Smart Mom berencana akan menyiapkan homemade burger ayam sebagai bekal keesokan harinya, pindahkan daging burger (sesuaikan jumlahnya berdasarkan kebutuhan) ke dalam kulkas agar melunak dan mencair. Kemudian Smart Mom bisa menggorengnya di pagi hari.

Cukup mudah bukan Smart Mom? Untuk pakaian yang berbau kurang sedap setelah memasak, Smart Mom bisa segera mencucinya dengan deterjen Attack Anti Bau yang telah dilengkapi dengan teknologi Jepang Anti Bau yang lebih mutakhir, dengan 3 kekuatan Anti Bau: Anti Bau Air Rendaman, Anti Bau Apek dan Anti Bau Keringat.

Prev Post

Tips Menghemat Pengeluaran Keluarga Dimulai dari Dapur

Next Post

Resep Bubble Tea, Coba Bikin Yuk Smart Mom!

SHARE TO