Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Panduan Belanja di Swalayan saat New Normal

Posted on 27 July 2020, 08:35 PM
Panduan Belanja di Swalayan saat New Normal

Di era New Normal saat ini, kita sudah bisa mulai berkegiatan di luar rumah dengan normal. Namun, karena pandemi virus corona di era New Normal ini, beberapa protokol kesehatan, seperti rutin cuci tangan dan memakai masker, tetap harus dilakukan saat berkegiatan di luar rumah, termasuk belanja kebutuhan sehari-hari di swalayan. 

Dilansir dari laman situs tagar.id, berikut adalah panduan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tentang tips aman belanja bahan pangan selama era New Normal.

  1. Buat Daftar Belanja

Buatlah daftar belanja, mulai dari jenis dan jumlah pangan, kemampuan penyimpanan di rumah, dan membeli secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Daftar belanja ini penting untuk menghemat sehingga Smart Mom tidak perlu lama-lama berada di swalayan.

  1. Perhatikan Urutan Belanja

Mulailah dari pangan kemasan (makanan kaleng atau botol), kemudian baru ke pangan kering (beras, tepung, dan mi), dilanjutkan dengan bakery (roti, kue, donat, dan sejenisnya). Selanjutnya, produk susu dan olahannya (susu, keju, dan yogurt).

Setelah itu, pangan segar (sayur-sayuran, buah-buahan, telur, dan ikan), lanjut ke pangan dingin dan beku (daging beku, ikan beku, dan es krim). Terakhir, pangan siap saji (nasi goreng, sate, ayam goreng, dan lainnya).

  1. Pastikan Bahan Pangan Beku Tetap Beku

Simpan semua bahan pangan beku ke dalam cool box atau cooler bag memakai es batu. Jangan lupa juga untuk pangan siap saji dibawa terpisah dengan pangan mentah.

  1. Pilih Bahan Pangan yang Aman

BPOM menganjurkan untuk memilih pangan yang aman. Untuk bahan pangan segar (daging/ikan) Smart Mom melihatnya dari tekstur yang bersih, mulus, dan segar. Sedangkan untuk pangan siap saji, jangan membeli bahan yang memiliki warna mencolok. Pastikan pangan tertutup dan dibungkus dengan bersih dan aman, serta perhatikan kebersihan lokasi penjual.

 

Semoga tips di atas bermanfaat dan ingat selalu menggunakan masker dan rutin mencuci tangan selama berbelanja ya, Smart Mom!

Prev Post

Tips Sukses Beradaptasi dengan "New Normal"

SHARE TO