Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Membangunkan Si Kecil untuk Sahur

Posted on 8 May 2020, 04:40 PM
Tips Membangunkan Si Kecil untuk Sahur

Salah satu tantangan terbesar orang tua di bulan Ramadhan adalah membangunkan Si Kecil untuk sahur. Jam sahur yang sangat pagi akan terasa asing bagi Si Kecil, khususnya mereka yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa. Akibatnya, ia akan merasa terganggu ketika dibangunkan untuk santap sahur.

Kalau sudah begitu, biasanya mood Si Kecil akan rusak dan tidak mau dibangunkan untuk sahur. Tapi Smart Mom tidak perlu khawatir, lama-kelamaan dan jika sudah dibiasakan untuk sahur, Si Kecil akan lebih mudah untuk dibangunkan. Berikut adalah tips membangunkan Si Kecil untuk sahur yang bisa Smart Mom coba terapkan selama bulan Ramadhan.

1. Jelaskan arti puasa & pentingnya sahur

Supaya Si Kecil bisa dengan mudah bangun untuk sahur, berilah ia pemahaman tentang makna puasa dan pentingnya makan sahur. Jelaskan arti puasa dengan bahasa yang mudah dipahami si Kecil.

Smart Mom bisa menjelaskan tentang keutamaan berpuasa, kewajiban, dan apa saja yang kita dapat dari berpuasa di bulan Ramadhan. Jelaskan juga pentingnya sahur sebelum menjalani puasa. Beritahu kapan ia harus bangun sahur dan dampak yang ia rasakan jika melewatkan sahur.

2. Ajak Si Kecil tidur lebih awal

Supaya jam tidur Si Kecil tidak berkurang, ajak ia untuk tidur lebih awal. Dengan begitu, Si Kecil akan mendapatkan waktu tidur yang cukup walaupun harus bangun lebih pagi untuk makan sahur.

Untuk membuatnya lebih cepat tidur, Smart Mom bisa membacakan dongeng atau menceritakan kisah pengantar tidur untuknya.

3. Sajikan makanan kesukaannya

Anak-anak umumnya akan lebih antusias kalau disuguhkan makanan kesukaan mereka. Nah, sebelum tidur, Smart Mom bisa memberi tahu Si Kecil tentang menu makan sahur yang akan dihidangkan nanti, agar saat dibangunkan ia akan lebih bersemangat bangun untuk sahur.

Tidak hanya itu, makanan kesukaan juga bisa membantu meningkatkan selera makan Si Kecil. Tapi ingat ya Smart Mom, pilih makanan kesukaan Si Kecil yang bernutrisi agar Si Kecil tetap sehat dan kuat selama menjalani ibadah puasa.

4. Bangunkan Si Kecil dengan suara lembut

Suara keras sangat tidak disarankan untuk membangunkan Si Kecil untuk sahur karena selain bisa membuat Si Kecil kaget, ia juga akan kehilangan mood untuk sahur. Karena itulah, Smart Mom disarankan untuk membangunkan Si Kecil dengan suara dan sentuhan lembut karena bisa membuatnya merasa nyaman untuk bangun untuk kemudian makan sahur.

Selamat mencoba tipsnya, Smart Mom!

Prev Post

Cara Mudah Membuat Kompos dari Limbah Dapur

Next Post

Hewan Peliharaan Bisa Tularkan Virus Corona, Mitos atau Fakta?

SHARE TO