Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Yuk Mengenal GHD, Penyebab Umum Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Posted on 21 September 2018, 04:02 AM
Yuk Mengenal GHD, Penyebab Umum Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Pasti sering kan melihat anak yang bertubuh lebih pendek ketimbang anak lainnya? Biasanya, faktor nutrisi dan genetik akan jadi faktor utama. Namun perhatikan Smart Mom, selain kedua faktor tersebut, anak bisa mengalami masalah pertumbuhan yang disebut Growth Hormone Deficiency (GHD).

Menurut  pakar endokrinologi anak, Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) FAAP, Growth Hormone Deficiency (GHD) atau defisiensi hormon pertumbuhan, merupakan kondisi anak yang tidak mampu menghasilkan hormon pertumbuhan yang maksimal sesuai dengan usianya.

Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh kelenjar pituitari, sebuah kelenjar kecil yang berada di dalam otak. Hormon ini mengalir di dalam darah, dan menuju ke seluruh tubuh untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Menurut dr Aman, mereka yang memiliki masalah hormon pertumbuhan, bukan berarti tidak tumbuh sama sekali, hanya saja pertumbuhannya terlambat. Rata-rata anak dengan GHD akan mengalami keterlambatan pertumbuhan sampai dengan 5,08 cm per tahun.

Selain tinggi badan yang kurang, mereka pun akan cenderung terlihat lebih gemuk, alat reproduksinya tidak berkembang secara sempurna dan perkembangan tulang di area wajah cenderung lemah.

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak solusi yang ditawarkan, salah satu yang paling populer adalah terapi recombinant human growth hormone (r-hGH) yang identik dengan somatotropin yang diproduksi di kelenjar pituitari.

Menurut dr Aman, terapi ini harus dilakukan sejak dini. Pasalnya, penanganan yang yang terlambat pada anak penderita GHD akan mengakibatkan mereka sulit mengejar ketinggalan, hingga akhirnya tinggi badan mereka sulit masuk dalam fase ideal.

Prev Post

Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Tentang Asupan Anak

Next Post

Pola Asuh Mertua Tidak Cocok dengan Kita, Apa yang Harus Dilakukan?

SHARE TO