Mitos dan Fakta Tentang Anak Kembar Yang Perlu Smart Mom Ketahui

October 02 2017 - 14:26

Siapa sih yang nggak gemes saat melihat anak kembar. Hal inilah yang membuat beberapa orangtua sangat menginginkan anak kembar. Sayang, kehadiran anak kembar di tengah-tengah keluarga Smart Mom terkadang diikuti oleh sederet mitos yang terkadang membuat banyak orangtua was-was.

Berikut merupakan mitos dan fakta tentang anak kembar yang sering banget kita dengar.

Pemimpin vs pengikut

Ada mitos yang menyebut jika si kakak akan selalu jadi pemimpin dan lebih dominan, sementara si adik akan jadi pengikut dan manut sepenuhnya kepada kakaknya. Hal ini disebabkan karena adanya persaingan untuk memperebutkan mana yang lebih unggul diantara mereka.

Mitos ini tidak pernah terbukti secara ilmiah. Walaupun mereka terlahir kembar, tapi keduanya punya kepribadian yang justru saling melengkapi. Intinya, tidak ada yang dominan diantara mereka.

Jangan disatukan di satu sekolah

Karena alasan prestasi, banyak yang percaya jika anak kembar jangan berada di satu sekolah. Kalaupun satu sekolah, mereka harus berada di kelas yang terpisah. Hal ini disebabkan karena prestasi mereka akan terganggu, bahkan bisa menyebabkan keduanya gagal.

Faktanya, banyak anak kembar yang sukses berada di satu sekolah. Bagaimanapun juga, prestasi mereka tergantung kepada kemampuan dan kegigihan mereka dalam belajar.

Bayi kembar tidak boleh menerima ASI eksklusif

Karena produksi ASI terbatas hanya untuk satu anak saja, maka Ibu harus memilih salah satu saat ingin memberikan ASI kepada si kembar. Singkat kata, hanya satu anak kembar yang boleh diberikan ASI eksklusif, sementara sisanya harus puas dengan susu formula.

Jelas mitos ini salah. Bagaimanapun juga, produksi ASI sudah mencukupi untuk mendukung pertumbuhan mereka. Jika alasannya repot, Smart Mom bisa menyiasatinya dengan menggunakan ASI perah.

Kakak lahir belakangan, adik lahir lebih dulu

Agak menggelikan memang, ada mitos yang menyebut si kakak akan lahir belakangan karena membantu dulu si adik untuk terlahir ke dunia.

Jelas mitos ini sangat menyesatkan dan tidak perlu Smart Mom percayai. Faktanya, para ahli sudah sepakat jika siapapun yang lahir lebih dulu, dia akan menyandang gelar sebagai kakak, walaupun perbedaan waktu lahir mereka hanya selang beberapa menit saja.

posted October 02 2017 - 14:26