Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Efek Buruk Memberi Uang Jajan Berlebih pada Si Kecil

Posted on 31 December 2019, 04:28 PM
Efek Buruk Memberi Uang Jajan Berlebih pada Si Kecil

Memasuki usia sekolah, si Kecil biasanya diberikan jatah jajan buat beli makanan atau kebutuhan lain. Namun kadang, karena cemas atau memang belum tahu jumlah yang tepat, beberapa orangtua malah memberikan uang jajan berlebih.

Smart Mom mungkin merasa hal tersebut tak akan membahayakan si Kecil. Sayangnya, memberi uang jajan dalam jumlah berlebih ternyata malah memberi dampak buruk kepada si Kecil. Apa saja efek yang sebaiknya Smart Mom waspadai?

  • Tak menghargai nilai uang

Bukan tanpa alasan mengenalkan konsep uang sejak dini harus dilakukan orangtua, salah satunya adalah membuat anak menghargai nilai uang. Namun, saat Smart Mom membekalinya uang jajan terlalu banyak, si Kecil bakal menggunakannya tanpa pertimbangan dan akan berdampak hingga mereka dewasa.

  • Mengacaukan aliran kas keluarga

Uang jajan yang diberikan kepada si Kecil pastinya datang dari pendapatan Smart Mom dan pasangan, bukan? Menyisihkannya tanpa memperhatikan anggaran atau karena merasa cukup dengan penghasilan sendiri justru akan mengacaukan kas keluarga, lho. Apalagi saat kondisi finansial sedang tak stabil.

  • Membuat si Kecil manja

Memberikan uang jajan berlebihan secara tak langsung memanjakan si Kecil, sebab dia merasa bisa membeli apa pun yang diinginkan, bukan sesuai kebutuhan. Jadi saat Smart Mom menguranginya, si Kecil bakal rewel. Oleh karena itu, Smart Mom harus mengajari si Kecil bahwa tak semua yang dia inginkan adalah prioritas.

  • Si Kecil jarang makan di rumah

Apa si Kecil tipe anak yang suka jajan di luar? Ketika Smart Mom menyerahkan uang jajan yang cukup banyak, bukan tidak mungkin, lho, dia memilih makan di restoran cepat saji favoritnya atau beli camilan di minimarket. Makanan yang sudah Smart Mom siapkan pun tak akan disantap karena si Kecil keburu kenyang. Jadi mubazir, kan?

  • Sulit mengontrol asupan makan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Smart Mom yang ‘kecolongan’ karena tak tahu si Kecil sering makan di luar bakal kesulitan mengendalikan asupan makannya. Apalagi junk food atau fast food termasuk jenis makanan yang bikin si Kecil ketergantungan. Bakal butuh waktu lama buat memisahkannya dan mengenalkannya pada makanan sehat.

  • Digunakan untuk sesuatu yang buruk

Terakhir, saat uang jajan yang Smart Mom beri pada si Kecil terlampau banyak, maka Smart Mom secara tak sadar membuka akses padanya buat membeli sesuatu yang kurang pantas. Jadi sebelum terjadi, pertimbangkan lagi jumlah uang jajan buat si Kecil ya.

Prev Post

Tak Hanya Mencemari Lingkungan, Limbah Mikroplastik Juga Mengancam Kesehatan Kita

Next Post

Es Teler, Bikin Sendiri Yuk, Smart Mom!

SHARE TO