Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Uang Saku yang Ideal untuk Si Kecil yang Sudah Sekolah

Posted on 12 July 2019, 03:57 PM
Uang Saku yang Ideal untuk Si Kecil yang Sudah Sekolah

Uang jajan atau uang saku menjadi salah satu pengeluaran yang wajib Smart Mom siapkan buat si Kecil. Menentukan jumlah uang saku memang gampang-gampang susah, apalagi kalau si Kecil tergolong anak yang suka jajan. 

Tanpa menunggu lama lagi, mari bahas hal-hal yang akan membantu Smart Mom mendapatkan nominal uang jajan buat si Kecil.

  • Pastikan si Kecil paham dengan konsep uang

Mengenalkan uang dan konsep pemakaiannya pada si Kecil harus hati-hati. Perkenalkan mereka dari jumlah kecil dan sesuai dengan nilai kebutuhan yang hendak mereka beli. Smart Mom juga dapat sekaligus mengajarinya berhemat. Misalnya, dari pada memberi uang saku untuk beli makanan, buatkan bekal kesukaannya, sehingga si Kecil tak jajan sembarangan. Menghadapkan si Kecil terhadap konsep uang dinilai dapat mencegahnya dari pemborosan di kemudian hari.

  • Sesuaikan dengan jenjang pendidikan si Kecil

Tak bisa dipungkiri kebutuhan si Kecil akan terus meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini termasuk uang sakunya per jenjang pendidikan. Pembagian juga kadang menyulitkan saat Smart Mom punya anak-anak yang berada di tingkat sekolah berbeda. Berikan pengertian pada mereka kalau uang jajan yang diberikan sesuai hak sembari terus mengajari cara mengelolanya dengan tepat. Walau sulit, pendekatan yang tepat bakal membuat si Kecil paham dengan uang saku yang diberikan.

  • Si Kecil minta tambahan? Boleh saja, asalkan…

Ada kalanya si Kecil minta uang saku tambahan walau Smart Mom sudah memberi sesuai kesepakatan. Hindari langsung menyanggupi, ada baiknya Smart Mom ajak dulu mereka untuk berdiskusi. Tentukan cara mereka mendapatkan uang tambahan tersebut. Pastikan juga Smart Mom tidak membiasakan dan memudahkan si Kecil menerima uang jajan ekstra. Nanti Si Kecil bisa saja malah mereka-reka keadaan yang akan membuat Smart Mom mau tak mau menyisihkan uang tambahan.

  • Arahkan si Kecil untuk mencapai keinginan

Si Kecil ingin mainan baru? Atau malah smartphone? Kadang Smart Mom dibuat pusing dengan permintaan-permintaan tersebut, kan? Mulailah mengarahkannya untuk mencapai keinginan tadi dengan menabung, baik dengan membuka rekening atau memakai celengan biasa. Dari sana, Smart Mom juga bisa memantau kemampuan si Kecil dalam mengatur keuangannya, apa sudah bertanggung jawab atau masih membutuhkan panduan?

Dari panduan di atas, Smart Mom bisa tentukan sendiri uang saku ideal untuk si Kecil yang sudah masuk sekolah. Semoga bermanfaat!

Prev Post

Seberapa Pentingkah Ikut Arisan Keluarga?

Next Post

Mau Si Kecil Nyaman di Hari Pertama Masuk Sekolah? Ikuti Tips Ini Yuk!

SHARE TO