Pensiun di usia 40an? Bisa Kok Smart Mom, Ini Strateginya!

Posted on 28 September 2018, 10:17 AM
Pensiun di usia 40an? Bisa Kok Smart Mom, Ini Strateginya!

Istilah pensiun dini bisa dikatakan merujuk pada kondisi keuangan seseorang yang sudah sangat aman dan nyaman, hingga mereka tidak perlu lagi melakukan banyak hal untuk memenuhi rekeningnya. Istilahnya, tinggal liburan dan menikmati hidup saja.

Smart Mom tentu ingin mencicipi kemerdekaaan finansial di usia yang cukup muda? Jangan khawatir, pastikan lakukan beberapa hal berikut ini agar tujuan kebebasan finansial di usia 40an bisa terwujud.

Menabung Sebanyak Mungkin

Idealnya, program pensiun dini ini bisa direncanakan saat masih berusia 20an. Tapi jika Smart Mom terlambat memulainya, jangan khawatir. Hal ini bisa dikejar dengan menabung sebanyak mungkin.

Artinya, saat ada penghasilan lebih, sisihkan untuk kebutuhan pokok seperlunya saja, sisanya bisa digunakan untuk berinvestasi dan simpan dalam tabungan. Biar aman, sebaiknya simpan tabungan dalam bentuk emas atau logam mulia.

Cermat Berinvestasi

Jangan mentang-mentang sedang kejar target, Smart Mom langsung memborong semua instrumen investasi, dari mulai saham, deposito dan lainnya.

Ingat, memilih instrumen investasi juga ada aturannya. Jika Smart Mom tidak punya banyak waktu untuk memantau pergerakan nilai investasi, cari investasi yang cenderung aman, seperti properti atau emas. Kalau tergolong berani ambil risiko, bermain di pasar saham merupakan pilihan terbaik.

Bikin Budgeting dan Patuhi

Saat membuat budgeting, semua orang bisa menjelma jadi pakar keuangan. Tapi yang jadi masalah, Smart Mom sanggup tidak mematuhi semua rencana keuangan yang sudah dibuat?

Intinya, jika ingin menikmati masa pensiun dini, pastikan tiap bulan Smart Mom membuat budgeting yang tepat dan sesuai kebutuhan. Setelah itu, kunci rekening dan pastikan Smart Mom mengikuti alur keuangan yang sudah dianggarkan.

Cegah Masalah Finansial

Sebisa mungkin cegah masalah finansial, seperti berhutang untuk kebutuhan yang tidak produktif, seperti kendaraan bukan penunjang usaha, berhutang untuk liburan, terlalu over dalam menggunakan kartu kredit, atau berinvestasi dalam produk yang salah dan lainnya.

Intinya, semua potensi kerugian harus benar-benar dicegah. Dengan cara ini, keuangan keluarga Smart Mom akan tetap sehat, dan impian pensiun dini pun bisa jadi kenyataan. Selamat mencoba!

Prev Post

Jus Buah Memang Baik, Tapi Perhatikan Ini Sebelum Memberikannya Pada Anak!

Next Post

Memberikan Bedak di Area Genital Si Kecil Setelah Pipis Berbahaya, Benarkah?

SHARE TO