Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Buah-buahan Jangan Dimakan Bersama Susu. Benarkah?

Posted on 18 June 2019, 11:56 AM
Buah-buahan Jangan Dimakan Bersama Susu. Benarkah?

Buah-buahan dan susu merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Buah-buahan sangat dibutuhkan karena kandungan vitamin, air dan seratnya yang cukup melimpah. Sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Di sisi lain, susu merupakan sumber protein, kalsium, lemak baik (nabati) dan berbagai nutrisi lainnya. Tentu saja selain menjaga kesehatan Si Kecil, susu wajib rutin dikonsumsi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, terutama otak, tulang dan gigi.

Bagaimana Jika Susu dan Buah-buahan disatukan?

Seperti kita ketahui, buah-buahan mengandung asam yang cukup tinggi. Bahkan untuk buah-buahan yang rasanya sangat manis, masih mengandung asam. Sedangkan sifat asam sendiri dapat menyebabkan rasa panas dalam sistem pencernaan.

Sementara susu dikenal sebagai sumber kalsium dan protein, bahkan salah satu makanan terbaik yang harus dikonsumsi karena kandungan gizinya yang lengkap. Sifat susu sendiri basa, sehingga akan mendinginkan saat masuk ke sistem pencernaan.

Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan asam dari buah yang sifatnya panas bertemu dengan protein di dalam susu yang sifatnya dingin. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan sistem pencernaan. Bahkan bagi mereka yang memiliki masalah pada sistem pencernaannya, kondisi ini bisa menyebabkan masalah alergi.

Selain itu, kandungan asam yang terdapat dalam buah-buahan pun beresiko mengikat protein yang ada dalam susu. Terikatnya protein dalam susu oleh asam yang tedapat dalam buah-buahan akan menyebabkan peningkatan bakteri di dalam usus menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan lainnya.

Meskipun begitu, Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A, dokter spesialis anak dan konsultan Gastrohepatologi di Rumah Sakit Awal Bros, menegaskan jika kondisi setiap individu berbeda. Masalah di atas hanya berlaku bagi mereka yang punya masalah pencernaan sensitif.

Tapi demi alasan keamanan dan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal, konsumsi buah dan susu sebaiknya dipisahkan saja. Misalnya, jika Smart Mom menyajikan sarapan susu dan sereal di pagi hari, maka buah-buahan bisa dikonsumsi sebagai camilan sela (jam 9-10 pagi).

Perlu diingat, susu yang dimaksud di sini adalah susu UHT atau susu murni. Sedangkan untuk Susu Kental Manis atau yang sekarang dikenal Krim Kental Manis, tidak masalah dikonsumsi bersama buah.

Jika memang ingin mengonsumsi buah-buahan dengan susu, sebaiknya pilih buah yang memiliki rasa manis murni dan matang, seperti mangga manis, kurma dan kismis. Ingat, jangan mencampur susu dengan stoberi, jeruk lemon dan buah-buah lain yang memiliki rasa yang sangat asam karena bisa menyebabkan masalah pencernaan

 

Prev Post

Si Kecil Suka Membantah, Begini Cara Menanganinya

Next Post

Creme Brulee Pancake, Sajian Lezat Bernilai Gizi yang Tinggi

SHARE TO