Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Membersihkan Alat Dapur Sesuai Bahannya

Posted on 4 June 2020, 01:13 PM
Tips Membersihkan Alat Dapur Sesuai Bahannya

Smart Mom pasti sudah tahu bahwa tidak semua peralatan dapur terbuat dari stainless steel atau tembaga. Ada juga beberapa peralatan dapur yang dibuat dari bahan enamel sampai teflon. Nah, tiap bahan punya cara perawatan dan cara mencuci yang tidak sama. Dengan cara yang benar, peralatan pun bisa lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini tips membersihkan peralatan dapur sesuai dengan bahannya.

1. Stainless Steel

Peralatan dapur yang berbahan stainless steel bisa dibersihkan dengan menggunakan sponge lembut dan sabun cuci piring secukupnya sampai bersih. Kalau kotoran yang menempel banyak dan sulit dibersihkan, Smart Mom bisa merendam dulu dengan air hangat beberapa menit untuk melunakkan kotorannya.

2. Enamel

Peralatan dapur seperti panci dan cangkir berbahan enamel tidak sulit untuk dibersihkan karena permukaan yang licin dan tekstur lapisannya juga tak memiliki guratan sehingga kotoran tidak mudah menempel. Smart Mom bisa bisa menggunakan sponge lembut dan sabun cuci piring secukupnya. Tapi ingat, agar tetap awet, sebaiknya jangan sampai terjatuh atau terbentur benda tajam karena bekas goresan pada lapisan enamel bisa menyebabkan karat.

3. Teflon

Peralatan dapur yang dilengkapi dengan teflon (bahan anti lengket) harus dirawat dengan benar. Jangan menggunakan spatula logam atau besi ke permukaan teflonnya agar lapisan teflon tidak rusak. Untuk mencucinya, rendam beberapa menit dengan air hangat lalu bersihkan kotoran memakai spons halus supaya lapisan teflonnya tidak tergores.

4. Tembaga

Panci berbahan tembaga penanganannya sedikit berbeda. Peralatan ini mampu menghantarkan panas dengan baik tetapi jika tidak dilapisi dengan stainless steel bisa mudah berkarat. Untuk membersihkan noda pada panci tembaga, Smart Mom bisa mengoleskan saus tomat secukupnya, diamkan beberapa saat, lalu gosok sampai nodanya hilang kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Itulah beberapa tips membersihkan peralatan dapur sesuai dengan bahannya. Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mencoba, Smart Mom!

Prev Post

Cara Mengajarkan Si Kecil Cinta Lingkungan Sejak Dini

Next Post

Cara Praktis Hilangkan Bau pada Pakaian

SHARE TO