Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Apa Efeknya Jika Si Kecil Menyanyikan Lagu Orang Dewasa

Posted on 6 February 2019, 02:51 AM
Apa Efeknya Jika Si Kecil Menyanyikan Lagu Orang Dewasa

Berbeda dengan anak-anak generasi sebelumnya, anak zaman sekarang sepertinya tidak pernah kenal dengan lagu anak-anak. Coba saja dilihat, jumlah penyanyi cilik di Indonesia tergolong sangat minim, bahkan jumlah lagu anak (terbaru) yang hits di era 2000an hampir tidak ada.

Hal ini berbeda dengan generasi sebelumnya, misalnya tahun 90an. Tiap sore, hampir semua stasiun televisi menayangkan program lagu anak-anak, dan hampir tiap minggu selalu ada lagu baru yang dinyanyikan penyanyi cilik pendatang baru.

Kondisi minimnya lagu anak-anak inilah yang membuat banyak anak di zaman sekarang lebih memilih menyanyikan lagu-lagu bertema dewasa.

Adakah dampak buruk anak yang telalu banyak terpapar lagu dewasa?

Menurut Dr Seto Mulyadi, atau yang sering disapa Kak Seto, pengaruh buruk dari lagu-lagu orang dewasa yang dinyanyikan anak sudah tentu ada. Pasalnya, masa kanak-kanak merupakan masa meniru dari apa yang dia lihat dan dia dengar.

Misalnya, saat anak sering mendengar dan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, dia akan penasaran dengan konsep berkebun dan dia berharap untuk memiliki kebun. Mereka pun akan mempelajari apa saja yang berada di kebun, sehingga minat terhadap dunia pertanian akan meningkat.

Kondisi ini jelas berbeda saat anak lebih suka menyanyikan lagu dewasa. Misalnya saat anak sering mendengar lagu tentang perselingkuhan, dia pun akan mencari tahu apa itu selingkuh.

Setelah tahu apa itu perselingkuhan, dan unsur apa saja yang ada di dalamnya, bukan tidak mungkin anak akan menirunya. Alhasil, anak-anak sudah terbiasa dengan kebohongan, mudah menyakiti orang lain, hingga melakukan kekerasan.  

Perlu diingat, Kak Seto menegaskan jika lagu berhubungan erat dengan pembentukan karakter anak. Jadi sekali-kali boleh saja anak mengenal dan menyanyikan lagu orang dewasa, tapi sebaiknya pilih teman lagu yang bisa membentuk karakter positif.

Misalnya Garuda di Dadaku yang menumbuhkan sikap persaudaraan, persatuan, dan cinta tanah air, lagu Bendera, yang menumbuhkan sikap cinta tanah air, dan lagu lainnya. bagaimana Smart Mom, sudah menyiapkan list lagu yang akan diperdengarkan pada Si Kecil?

Prev Post

Trik Pintar Mencuci di Malam Hari, Bebas Bau Apek

Next Post

Bahan Pakaian Mudah Luntur? Begini Trik Saat Mencucinya

SHARE TO