Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Jangan Ragu untuk Minta Maaf pada Si Kecil Ini Alasannya

Posted on 24 January 2020, 02:11 PM
Jangan Ragu untuk Minta Maaf pada Si Kecil Ini Alasannya

Meski dipandang sebagai panutan, orangtua tetaplah manusia yang tak lepas dari kesalahan. Namun, masih ada orangtua yang enggan mengakui kekeliruan maupun minta maaf, terutama saat berhadapan dengan anak-anaknya. 

Kebiasaan buruk yang dianggap sepele ini bakal berbahaya buat si Kecil, Smart Mom. Mereka tak akan mengenal konsep saling memaafkan dan punya ego tinggi. Ada sejumlah alasan yang membuat Smart Mom tak perlu ragu minta maaf pada si Kecil seperti yang disitat dari Parenting berikut ini:

  • Bagian dari pola asuh terbaik

Smart Mom pasti tahu, kalau si Kecil bakal meniru sebagian besar tindak-tanduk kedua orangtuanya di rumah? Peluang tersebut sebaiknya Smart Mom manfaatkan sebaik mungkin untuk mengenalkannya dengan konsep minta maaf dan memaafkan. Ketika Smart Mom melakukannya setelah sebuah kesalahan terjadi, si Kecil bakal mengetahui kalau tindakan tadi sebaiknya tak diulangi tanpa harus mengguruinya.

  • Sebagai contoh pengendalian diri

Minta maaf merupakan contoh pengendalian diri paling simpel, sekaligus sukar dilakukan. Terutama kalau Smart Mom kelewat gengsi di depan si Kecil. Padahal, mengajari pengendalian diri sejak dini akan membantu si Kecil mengelola emosi, sehingga dia akan tumbuh jadi pribadi yang tak gampang marah dan mampu berpikir jernih. Selain itu, meminta maaf duluan akan menciptakan karakter yang kuat di mata si Kecil.

  • Minta maaf tak sama dengan takluk

Anggapan ini yang sepertinya bikin banyak orangtua tak mau minta maaf. Seperti yang disinggung, kesalahan adalah sesuatu yang wajar dilakukan manusia mana pun. Smart Mom bisa menggunakan kalimat halus seperti, ‘Maaf, Mama tak sengaja menumpahkan minuman Adek. Nanti Mama ganti, ya?’ Selain terdengar lembut, si Kecil yang tadinya bakal rewel atau menangis pun akan menahan ledakan emosi dan menunggu Smart Mom menyediakan minuman baru.

  • Cerminan sikap saling menghargai

Orangtua mana yang tak mau anaknya tumbuh menjadi pribadi sopan dan penuh hormat? Akan tetapi, menuntut hormat dari si Kecil tanpa memberikan contoh yang tepat tak akan mewujudkan keinginan Smart Mom tersebut. Salah satu langkah termudah yang bisa dipraktikan adalah segera minta maaf saat menyadari ada kesalahan yang terjadi. Karena terbiasa menghadapinya, si Kecil pun tak bakal malu minta maaf di kemudian hari.

  • Membuat perasaan jauh lebih baik

Alasan terakhir yang membuat minta maaf sepatutnya dicontohkan para orangtua adalah dampaknya terhadap mood atau suasana hati. Apalagi hal ini berkaitan dengan ‘pekerjaan’ sebagai orangtua yang sangat berat, sehingga Smart Mom tak perlu gengsi atau malu untuk minta maaf setelah melakukan kesalahan pada si Kecil. Minta maaf pada anak secara tak langsung akan membuat perasaan lebih baik sekaligus memperbaiki hubungan.

Prev Post

Ini Penyebab Baju Rusak Saat Dicuci

Next Post

Smart Mom dan Pasangan Beda Pendapat soal Pengasuhan Si Kecil? Ini Solusinya

SHARE TO