Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Kakak Ternyata Bisa Belajar Hal Ini dari Sang Adik

Posted on 22 May 2018, 08:10 AM
Kakak Ternyata Bisa Belajar Hal Ini dari Sang Adik

Saat Smart Mom memutuskan untuk memiliki anak kedua, sudah tentu anak pertama harus belajar untuk menjadi seorang kakak. Pada umumnya, seorang kakak harus bisa jadi teladan atau role model bagi adiknya.

Walaupun begitu, dalam kondisi tertentu, terkadang kakak bisa belajar kepada adik, salah satunya terkait empati.

Menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti Universitas Calgary, Kanada, dan dipublikasikan dalam jurnal Child Development, menyebut jika empati bisa didapat seorang anak lewat keberadaan adik.

Artinya, adanya seorang adik, bisa mencegah kakak untuk tumbuh jadi anak yang egois. Kakak bisa belajar bagaimana cara berbagi, menyayangi dan jadi pelindung bagi adiknya.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara menganalisa kelompok anak kakak beradik di Kanada yang berusia antara 18 bulan sampai dengan 4 tahun, dan dilakukan dengan cara observasi kehidupan kakak dan adik tanpa mewawancarai orangtua mereka.

Setiap kegiatan yang dilakukan anak-anak tersebut, akan dicatat, baik ketika keduanya terlihat akrab, atau ketika adik-kakak tersebut sedang berselilih karena banyak hal.

Penelitian lain yang dilakukan profesor psikolog asal Notheastern University, Laurie Kramer pun menyatakan hal yang serupa. Dalam keterangannya, Laurie menjelaskan jika sifat empati seorang kakak bisa didapat dari pengalamannya hidup bersama adik baru.

Smart Mom, hasil penelitian ini tentu bisa jadi pengingat bagi orangtua agar bisa membimbing anak-anaknya sebagai saudara yang baik, dengan harapan kelak Si Kecil tumbuh jadi pribadi yang penuh empati, baik kepada keluarga atau orang lain.

Bagaimana menurut Smart Mom? Sudahkan Si Kecil punya empati yang baik setelah dia bestatus sebagai kakak?

Prev Post

Tips Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

Next Post

Anak Laki-laki Tidak Boleh Jadi Penakut, Benarkah?

SHARE TO