Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Harus Pindah Sekolah? Ini yang Sebaiknya Smart Mom Lakukan!

Posted on 12 July 2019, 03:33 PM
Si Kecil Harus Pindah Sekolah? Ini yang  Sebaiknya Smart Mom Lakukan!

Masuk ke lingkungan baru bisa jadi bukan hal mudah bagi Si Kecil. Misalnya saat Si Kecil harus pindah ke sekolah baru, ia harus menyesuaikan diri dengan guru, teman, dan tempat belajar yang baru. Penyesuaian ini akan terasa semakin sulit jika Si Kecil sudah merasa nyaman di sekolah yang lama. Berikut ini beberapa tips yang bisa Smart Mom bisa lakukan agar Si Kecil tetap nyaman walaupun harus pindah sekolah. 

Beri tahukan Alasan Pindah

Salah satu alasan kenapa Si Kecil merasa tertekan dengan sekolah baru adalah karena ia tidak tahu kenapa harus pindah. Kepindahan yang sepertinya tiba-tiba tersebut membuat Si Kecil  syok dan tidak siap secara mental. Karena itu, beri tahu alasan mengapa ia harus pindah ke sekolah baru. Jelaskan sesingkat mungkin dengan kalimat yang mudah dipahami oleh Si Kecil. Misalnya, Si Kecil harus pindah sekolah karena mengikuti ayahnya pindah kerja.

Bahkan, Anda tetap harus menjelaskan jika Si Kecil harus pindah karena sudah lulus di sekolah lama. Hal ini sangat berguna agar Si Kecil bisa menyiapkan mental. 

Mengajak Si Kecil Berdiskusi Tentang Kepindahannya

Setelah memberitahu alasannya, biarkan Si Kecil mengutarakan pendapat atau perasaannya saat tahu ia akan pindah sekolah. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah Si Kecil merasa sedih, senang, atau bingung dengan kondisi tersebut. Jika Si Kecil merasa sedih atau bingung, maka cari tahu alasan mengapa dia merasakan hal tersebut.

Setelah itu, cobalah memberikan pengertian sehingga Si Kecil lebih paham dan menerima alasan kepindahan mereka. Beri pengertian bahwa mereka akan menemukan hal-hal baru saat pindah sekolah, seperti teman baru dan suasana belajar baru yang bisa jadi lebih nyaman dibandingkan sekolah sebelumnya.

Libatkan Si Kecil dalam Proses Kepindahannya

Agar lebih paham lagi, libatkan Si Kecil dalam proses kepindahan sekolahnya. Misalnya, ajaklah Si Kecil saat melakukan pendaftaran ke sekolah baru. Tunjukkan suasana sekolah yang baru khususnya tempat yang akan menjadi lokasi favorit Si Kecil saat sekolah nanti. Ajak pula Si Kecil menyapa dan berkenalan dengan guru dan teman baru saat berpapasan.

Saat melihat Smart Mom merasa nyaman, maka Si Kecil pun akan ikut merasa nyaman. Perlihatkan pula perlengkapan yang akan Si Kecil gunakan saat sekolah nanti seperti seragam baru, alat tulis, tas sekolah, sepatu, dan lain sebagainya.

Intinya, tunjukkan semua hal positif yang Si Kecil dapatkan saat berada di sekolah baru nanti. Dengan begitu, Si Kecil akan jauh lebih siap dan menerima kepindahannya ke sekolah yang baru. Dengan begitu, Si Kecil nantinya bisa lebih nyaman saat belajar dan berinteraksi baik dengan guru, teman, dan lingkungannya.

Prev Post

Bikin Chicken Cordon Bleu untuk Bekal Sekolah Si Kecil Yuk, Smart Mom!

Next Post

Si Kecil Dekat dengan Pengasuh. Perlukah Smart Mom Cemburu?

SHARE TO