Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Si Kecil Suka Membantah, Begini Cara Menanganinya

Posted on 18 June 2019, 11:52 AM
 Si Kecil Suka Membantah, Begini Cara Menanganinya

Wajar jika Smart Mom merasa sangat kecewa pada tingkah Si Kecil yang selalu membantah. Padahal dalam hati kecil, Smart Mom ingin sekali punya anak yang penurut, tidak membantah dan selalu mampu memperlihatkan karakternya yang luhur.

Dalam kondisi ini, apa yang harus dilakukan? Smart Mom, berikut merupakan 6 tips yang bisa dicoba untuk mengatasi Si Kecil yang suka membantah.

  1. Pahami Fase Tumbuh Kembang

Secara alami Si Kecil akan melewati sebuah masa ketika dia ingin bebasdan menunjukkan jika dia yang paling berhak terhadap dirinya sendiri. Hal inilah yang akhirnya membuat Si Kecil kerap membantah perintah. Biasanya, fase ini akan terjadi di usia 2-4 tahun.

  1. Berikan Instruksi Sederhana

Mungkin Si Kecil belum memahami perintah yang diberikan, sehingga dia akan menunjukkan sikap seolah-olah membantah. Maka dari itu, berikan Si Kecil instruksi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Jika perlu, minta Si Kecil untuk mengulangi perintah tersebut.

  1. Jangan Marah-marah

Wajar jika Si Kecil tidak menurut pada perintah Smart Mom, tapi sangat tidak wajar jika hal ini malah membuat Smart Mom naik pitam, bahkan sampai melakukan kekerasan (fisik maupun verbal). Untuk mendisiplinkan anak, hindari kekerasan dan gunakan bahasa yang lembut dan mudah dipahami.

  1. Berikan Contoh

Bagaimana mungkin Si Kecil akan menurut jika Smart Mom tidak memberikan contoh yang baik kepadanya. Misalnya saat meminta untuk tidur, ajak Si Kecil tidur dan tunjukkan kalau Smart Mom pun melakukannya. Minimalnya tunggu sampai Si Kecil benar-benar terlelap.

  1. Dengarkan Si Kecil

Mungkin sikap Si Kecil suka membantah disebabkan karena Smart Mom yang tidak pernah mau mendengarkan keluh kesah mereka. Sebelum memberikan perintah, targetkan dulu untuk jadi orang yang mau mendengarkan dan terus beri masukan kepada Si Kecil agar bersikap patuh.

  1. Berikan Penghargaan

Tidak perlu memberikan hadiah mahal, dengan ucapan terima kasih, dan pelukan hangat, sudah cukup untuk membuat Si Kecil merasa dihargai. Jangan lupa, berikan juga pujian agar Si Kecil lebih termotivasi untuk selalu patuh dan membantu Smart Mom.

Selain itu, sebaiknya jangan biasakan memberikan iming-iming hadiah agar patuh. Kalau ingin memberikan hadiah, berikan setelah Si Kecil melakukan instruksi Smart Mom.

Prev Post

3 Menu Hidangan Lebaran Tanpa Santan

Next Post

Buah-buahan Jangan Dimakan Bersama Susu. Benarkah?

SHARE TO