Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Agar Si Kecil Lebih Terbuka pada Orangtua

Posted on 4 January 2019, 03:07 AM
Tips Agar Si Kecil Lebih Terbuka pada Orangtua

Jika dibandingkan dengan orangtuanya sendiri, anak-anak zaman sekarang lebih terbuka kepada temannya. Ada banyak hal yang mendasari hal ini, seperti anak yang malu atau sungkan bicara dengan orangtuanya, takut, atau karena orangtua yang memang terlalu menjaga jarak dengan anaknya.

Agar Si Kecil lebih terbuka dan mau menceritakan segala hal tentangnya, berikut merupakan trik yang bisa Smart Mom coba.

Ajak Ngobrol Secara Teratur

Anak akan terbuka jika dia terbiasa ngobrol dengan Smart Mom. Untuk itu, luangkan waktu setidaknya 15 menit (setiap malam sebelum tidur atau setelah anak mengerjakan PR), untuk membicarakan banyak hal, dari mulai apa yang terjadi tadi siang, tentang hobi, teman dan lainnya.

Membiasakan diri untuk ngobrol dengan anak akan membuat mereka lebih terbuka. Imbasnya, saat punya masalah mereka tidak akan sungkan untuk membicarakannya dengan Smart Mom.

Jangan Menghakimi

Setiap Si Kecil berbicara tentang masalahnya, jangan sekali-kali Smart Mom menghakimi, apalagi meminta anak melakukan apa yang Smart Mom perintahkan, dengan dalih demi kebaikannya. Saat mereka bercerita, cukup jadi pendengar yang baik.

Smart Mom bisa duduk atau sambil tiduran bersama di kamarnya, dengarkan semua ceritanya dengan baik, dan jangan menyela. Biarkan dia menumpahkan semua perasaannya. Terkadang, anak hanya butuh teman ngobrol dan ingin didengarkan, bukan butuh solusi, apalagi nasihat.

Saat Anak Meminta Pendapat

Saat anak meminta pendapat tentang apa yang menimpanya, misalnya ada teman yang menjahili atau mengucilkannya, tanyakan apakah Si Kecil bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. Setelah itu, minta pendapat apa yang harus Smart Mom lakukan untuk membantunya.

Tetap Ajarkan Sikap Positif

Selalu tekankan agar Si Kecil selalu bersikap positif kepada siapapun. Saat punya teman yang kurang bersahabat, minta Si Kecil untuk memperlakukan temannya tersebut dengan baik. Misal, dengan cara membantunya saat dia mendapat kesulitan, selalu menyapa dan tersenyum saat bertemu.

Dengan membangun kedekatan sejak dini, menaruh kepercayaan dan menekankan untuk selalu bersikap positif, Si Kecil akan menjelma jadi anak yang lebih matang, tangguh dan selalu terbuka. Selamat mencoba!

Prev Post

5 Pos Penting Keuangan Ini Harus Dijadikan Prioritas di Awal Tahun

Next Post

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak Jaman Now

SHARE TO