Anak Susah Disuruh Mandi, Ini Alasannya!

Posted on 10 July 2018, 10:06 AM
Anak Susah Disuruh Mandi, Ini Alasannya!

Memang ada beberapa anak yang semangat saat disuruh mandi, meskipun pagi-pagi. Tapi kebanyakan dari mereka justru malas melakukannya. Bahkan smapai ada anak yang harus dipaksa untuk mandi, itu pun biasanya sambil nangis atau hasilnya kurang bersih.

Kenapa sih banyak anak yang susah disuruh mandi?

Menurut Aschinfina Handayani, Konsultan anak dari Ashanda Consulting, ada banyak hal yang menyebabkan anak sulit disuruh mandi, dari mulai udara dingin yang membuatnya tidak nyaman, atau karena mereka tidak suka Smart Mom mengintervensi keasyikannya saat melakukan sesuatu.

Contohnya, anak disuruh mandi saat dia asyik main mobil-mobilan. Kemungkinan dia akan menolak karena menganggap mandi tidak menyenangkan. Jika dipaksa, mungkin dia akan meminta Smart Mom untuk memberinya sedikit waktu dengan berbagai alasan, hingga dengan tegas langsung menolak.

Hal yang sama berlaku saat dia tidak mau mandi di pagi hari. Si Kecil menganggap jika kamar mandi kurang menyenangkan karena dingin, sehingga dia akan berusaha untuk mencari cara agar tetap berada di kamar yang sudah memberinya kehangatan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Memaksa anak dengan ancaman dan nada tinggi bukanlah solusi terbaik, apalagi sampai menyeretnya. Anak bisa trauma dan hingga besar nanti dia akan menganggap mandi sebagai bagian dari hukuman yang menyeramkan, atau malah Si Kecil bisa phobia mandi.

Untuk melakukannya, Smart Mom harus melakukan pendekatan yang lebih bersahabat, dan carilah kalimat yang lebih menyenangkan untuknya. Manfaatkan mainan yang dia sukai untuk mengantarkannya ke kamar mandi.

Misalnya, saat dia sedang asyik main mobil-mobilan, “Dek, lihat deh. Kayaknya mobil-mobilannya sudah kotor. Yuk kita mandiin mobil-mobilannya agar lebih bersih!”

Agar lebih menyenangkan, sediakan juga mainan seperti bebek kuning, ikan-ikanan, mainan sabun, dan lainnya. Sama seperti menjelang tidur, Smart Mom bisa menggunakan mainan-mainan tersebut sebagai properti untuk mendongeng.

Dengan cara ini, Si Kecil akan menganggap jika mandi merupakan bagian dari aktivitas bermain, dan dia pun akan menganggap aktivitas ini sangat menyenangkan. Kedepannya, bukan tidak mungkin dia malah yang akan meminta untuk mandi.

Prev Post

Yuk, Cobain Bikin Pudding Zebra Bareng Si Kecil

Next Post

Suka Mempercantik Si Kecil Dengan Perhiasan, Ini Bahayanya?

SHARE TO