Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini 3 Cara Terbaik Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini!

Posted on 5 June 2018, 08:27 AM
Ini 3 Cara Terbaik Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini!

Siapa sih yang tidak bangga melihat anaknya bisa bersikap manis? Tapi ingat Smart Mom, perilaku manis dengan menghormati orangtua, menghargai sesama dan menyayangi yang lebih kecil, tidak datang secara tiba-tiba. Smart Mom harus memberikan pelatihan khusus yang sudah dimulai sejak dini.

Berikut merupakan 3 cara efektif untuk mengajarkan anak-anak sopan santun sejak dini, dimulai dari cara-cara yang sederhana.

Mulai Dengan 3 Kata Sakti

Tidak perlu trik khusus, Smart Mom hanya perlu mengajarkan anak-anak terbiasa dengan 3 kata sakti, yakni tolong, maaf dan terima kasih. Misal, jika menginginkan sesuatu, ajarkan anak memulainya dengan kata tolong, dan jika dia melakukan kesalahan atau bertindak nakal, pastikan dia meminta maaf dan lainnya.

Dengan cara seperti ini, Si Kecil akan belajar bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan terhormat.

Jangan lupa untuk meminta Si Kecil agar mengatakannya dengan tulus sambil tersenyum, sehingga orang lain akan merasa nyaman didekatnya.

Berikan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anak adalah peniru paling ulung. Apa yang dia dengar dan lihat, akan dia tiru untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Makanya, jangan heran Si Kecil tiba-tiba berkata kasar, kalau selama ini Smart Mom kerap memarahinya dengan kata-kata kasar.

Nah tidak ingin kan Si Kecil terpapar kata-kata kasar atau hal-hal negartif lainnya, pastikan Smart Mom memberikan contoh yang baik kepadanya, baik dalam berperilaku, ataupun dalam berkata.

Mulailah bicara penuh kasih sayang, dengan nada lembut dan sambil tersenyum. Pilih kata-kata yang bisa menyejukkan hati, memberi inspirasi, dan perlakukan Si Kecil dengan sopan. Dengan begitu, dia pun akan memperlakukan Smart Mom dan orang lain dengan sopan pula.

Harus Konsisten

Jangan lupa untuk konsisten mengajarkan Si Kecil bersikap sopan. Misalnya, saat mengajarkan Si Kecil 3 kalimat sakti yaitu tolong, maaf dan terima kasih, pastikan selalu diulang dalam setiap peristiwa yang sesuai.

Dorong Si Kecil untuk minta maaf saat berlaku nakal kepada temannya, ajarkan dia berterima kasih saat orang lain memuji, atau memberikannya hadiah dan lainnya. Intinya, latih terus sikap sopan santun ini agar dia terbiasa. Selamat mencoba!

Prev Post

Ingat Smart Mom, Jangan Pernah Berikan Label Cengeng Saat Anak Laki-Laki Nangis!

Next Post

Anak Tiba-tiba Nimbrung Saat Orangtua Sedang Bicara, Smart Mom Harus Bagaimana?

SHARE TO