Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Pintar Mendidik Anak Tunggal agar Mandiri dan Disiplin

Posted on 20 October 2020, 04:17 PM
Tips Pintar Mendidik Anak Tunggal agar Mandiri dan Disiplin

Selama ini, anak tunggal selalu diidentikkan dengan sifat manja, egois, dan sulit bersosialisasi. Mereka dianggap tidak bisa mandiri dan selalu ingin menang sendiri. Padahal, sebenarnya hal ini tergantung pola asuh orang tua. Berikut adalah tips pintar mendidik anak tunggal agar menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin

  1. Berikan Si Kecil tanggung jawab

Agar Si Kecil menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin, berilah ia tanggung jawab dengan melakukan tugas sederhana. Contohnya, beri ia tugas untuk selalu membereskan mainannya ketika selesai bermain. Ketika dia sudah menuntaskan pekerjaannya, jangan lupa memberikan ucapan terima kasih ya, Smart Mom!

  1. Ajak Si Kecil bersosialisasi dengan teman sebaya

Salah satu sifat kebanyakan anak tunggal adalah menutup diri. Nah, untuk mencegah munculnya sifat ini, coba ajak ia untuk berkenalan dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dengan demikian, Si Kecil akan menjadi pribadi yang mandiri, supel dan mudah beradaptasi.

  1. Ajarkan berbagi dan peduli pada orang lain

Karena terbiasa mendapatkan apa pun yang diinginkan tanpa harus berbagi sehingga ada kemungkinan mereka bisa menjadi pribadi yang egois. Orang tua bisa mencegahnya dengan mengajarkan buah hatinya untuk peduli pada orang lain. Contohnya, saat ada pengamen, berikan uang pada si kecil dan biarkan ia yang memberikan pada pengamen tersebut. Membiasakan Si Kecil untuk mengisi kotak sedekah di tempat ibadah juga bisa memicu empatinya.

  1. Bersikap bijak dalam menuruti keinginannya

Mayoritas anak tunggal ingin selalu dituruti dan akan merajuk pada orang tuanya sampai ia mendapatkan sesuatu yang diminta. Umumnya, orang tua akan menuruti keinginan buah hatinya karena tidak ingin anak satu-satunya sedih. Namun ingat, cara mendidik seperti ini kurang tepat.

JIka anak tunggal selalu dimanjakan dan semua keinginannya dituruti, ada kemungkinan Si Kecil menjadi pribadi yang lemah. Orang tua sebaiknya bersikap bijak dan tahu keinginan apa saja yang bisa dituruti dan keinginan apa saja yang sebaiknya tidak dituruti.

 

Semoga tips ini bermanfaat!

Prev Post

Pecel Sayuran, Sajian Sehat untuk Keluarga Tercinta

Next Post

Si Kecil Mulai Bosan Belajar Secara Daring di Rumah? Coba Trik Ini, Smart Mom!

SHARE TO