Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Bijak Kelola Angpao Lebaran Yang Diterima Si Kecil

Posted on 11 June 2019, 03:06 PM
Trik Bijak Kelola Angpao Lebaran Yang Diterima Si Kecil

Salah satu momen menyenangkan dan pasti akan terus dikenang Si Kecil sepanjang hidupnya adalah ketika lebaran dan mendapat salam tempel. Apalagi kalau Si Kecil berprestasi, sudah jaminan keluarga besar akan mengguyurnya dengan bonus yang melimpah.

Nah, agar uang yang berasal dari angpao lebaran ini bisa digunakan secara efektif, inilah trik mengelola angpao lebaran bagi Si Kecil.

Ajarkan Perencanaan Belanja

Menurut Prita Hapsari Ghozie, perencana keuangan dan penulis buku Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya, menjelaskan bahwa orang tua bertindak tidak adil jika seluruh uang angpao lebaran Si Kecil harus ditabung. Bagaimanapun juga, itu adalah hak Si Kecil.

Tapi jangan semuanya, sepakati dengan Si Kecil berapa yang harus ditabung dan diamalkan serta berapa yang dapat dibelanjakan untuk dirinya, kemudian minta untuk membuat daftar belanja sendiri.

Ajarkan Belanja Sendiri

Jangan lupa untuk mengajarkan Si Kecil belanja sendiri, dari mulai memilih makanan sendiri, mengantri di kasir, dan memberikan uang pembayaran sendiri. Dengan cara ini, diharapkan Si Kecil akan merasa lebih percaya diri karena sudah mampu membeli apa yang diinginkannya sendiri.

Jangan menambahkan uang lagi untuk menutupi kekurangan belanja Si Kecil. Sebaiknya pangkas belanjanya jika tidak cukup. Ini dilakukan agar Si Kecil terbiasa disiplin dalam mengelola keuangan dan dapat menahan diri.

Menabungkan Sebagian

Jika uang yang akan ditabung cukup banyak, ajarkan Si Kecil untuk menabung di Bank. Ajak dia mengikuti seluruh proses pembukaan rekening tabungan, mulai dari mendaftar dan memilih produk tabungan anak, hingga menyetorkan uang. Jangan lupa, motivasi dia untuk rajin menabung..

Ajarkan Beramal

Sebaiknya, gunakan kesempatan untuk mengajarkan Si Kecil beramal, terutama kepada mereka yang tidak beruntung dalam kehidupan ini. Smart Mom bisa berikan secara tunai dalam bentuk pecahan kecil, atau bisa juga diberikan dalam bentuk barang.

Kalau jumlahnya sangat kecil, Smart Mom bisa meminta Si Kecil untuk memasukkan uang tersebut ke kotak amal, atau pihak yang terlihat sangat membutuhkan. Semoga bermanfaat!

Prev Post

Yuk Ajarkan Etika Bertamu Biar Si Kecil Siap Saat Lebaran Nanti

Next Post

Trik Agar Si Kecil Tertib Saat Diajak Salat Ied

SHARE TO