Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Yuk Ajarkan Si Kecil Etika Bertamu dan Bermaafan Di Hari Raya!

Posted on 5 July 2018, 03:37 AM
Yuk Ajarkan Si Kecil Etika Bertamu dan Bermaafan Di Hari Raya!

Salah satu tradisi yang dilakukan selama hari raya Idul Fitri adalah, saling mengunjungi sanak saudara dan bermaaf-maafan. Nah agar tradisi ini berjalan lancar dan menyenangkan, yuk ajarkan Si Kecil etika bertamu dan bermaaf-maafan di hari raya.

Biasakan Ucapkan Salam

Sebelum masuk rumah, biasakan untuk mengucapkan salam sebelum masuk ke rumah atau saat mengetuk pintu. Hal ini berlaku bagi Smart Mom, anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Meskipun terlihat sederhana, kebiasaan ini punya nilai budi yang luhur, dan menunjukkan jika Si Kecil merupakan anak yang terdidik. Jangan lupa, ajarkan juga agar Si Kecil tidak nyelonong masuk sebelum dipersilahkan oleh tuan rumah.

Ajarkan Konsep Duduk Manis

Pelajaran duduk manis tidak hanya berlaku saat lebaran, tapi harus dilakukan sejak dini dan harus dibentuk agar jadi kebiasaan positif. Untuk melakukannya, Smart Mom bisa menjelaskan fungsi utama kursi sebagai tempat duduk, bukan untuk tiduran, apalagi lompat-lompat.

Ajarkan juga Si Kecil cara duduk yang sopan, tidak mengangkat kaki atau melipat kaki di atas kursi.

Tidak Mengambil Hidangan Sebelum Dipersilahkan

Sama seperti ketika masuk, Smart Mom pun harus mengajarkan Si Kecil untuk tidak mengambil hidangan sebelum dipersilahkan. Begitu pun saat mengambil hidangan, Smart Mom wajib menjelaskan jika dalam mengambil hidangan Si Kecil tidak boleh berlebihan.

Jelaskan aturan sederhana ini sejak dini, atau minimalnya beberapa saat sebelum Smart Mom pergi melakukan kunjungan keluarga.

Beri Contoh dan Apresiasi

Anak-anak cenderung meniru perilaku sehari-hari dari orangtuanya. Makanya, Smart Mom harus memberi contoh penerapan etika ini sejak di dalam rumah. Jika anak berhasil melakukannya, jangan ragu untuk memberikan apresiasi berupa pujian atau pelukan.

Ingat Smart Mom, mengajarkan etika bertamu tidak bisa dilakukan dalam satu hari. So, mulailah sejak dini dan biasakan etika ini sebagai aturan yang harus dijalankan seluruh anggota keluarga. Selamat bertamu!

Prev Post

Hati-hati dengan Fainting Challenge Smart Mom, Jangan Sampai Si Kecil Ikutan!

Next Post

Yuk Kenali Cara Pengasuhan dari Orang Tua di Berbagai Negara!

SHARE TO